PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » 51 SEKBANG A-93 IKUTI UPACARA TRADISI TERBANG SOLO

51 SEKBANG A-93 IKUTI UPACARA TRADISI TERBANG SOLO

Written By portal komando on 20 Mei 2017 | 12:25 PM

PK,.Pen Adi.        Bertempat di Lanud Adi Soemarmo, Surakarta, Kamis (18/5) Komandan Lanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir, Novyan Samyoga, MM memimpin Upacara Tradisi Terbang Solo Pertama dan Terakhir bagi para siswa Sekbang Angkatan-93.    
 
Upacara Tradisi Terbang Solo yang diikuti oleh 51 orang sekbang Angkatan 93  ini menandai berakhirnya latihan terbang latih dasar dengan pesawat latih jenis TP 120 Grob, yang selanjutnya akan melaksanakan latihan terbang latih lanjut.

Komandan Lanud Adisutjipto dalam sambutannya mengatakan bahwa penerbang militer adalah  identik dengan penerbang tempur.    Dan untuk  membentuk calon penerbang militer yang memiliki kualifikasi handal, memerlukan pendidikan dengan waktu yang panjang dan beresiko tinggi.    Agar program tersebut dapat berjalan lancar dan aman, diperlukan suatu proses yang konsisten dan berlanjut, dengan tahapan-tahapan yang sistematis, ketat dan tanpa kompromi.    

Lebih lanjut Danlanud Adisutjipto menegaskan toleransi sekecil apapun terhadap kekurangmampuan dari setiap siswa, mengandung resiko potensi yang membahayakan, tidak saja bagi diri calon penerbang itu sendiri, namun juga bagi orang lain dan alutsista yang digunakannya.     Dengan kriteria demikian, secara jelas tersurat bahwa TNI AU, tidak akan mengambil resiko yang mungkin dapat terjadi akibat dari kekurang mampuan para siswa.

Sementara itu, Komandan Skadik 101 Letkol PNB Humaidi Syarif Romas, mengatakan  seluruh siswa sekbang yang berjumlah 51 orang dinyatakan lulus dalam melaksanakan tahapan terbang solo pertama dan terakhir. “Namun  para siswa jangan sampai lengah dan berpuas diri, karena proses pendidikan bina terbang selanjutnya masih sangat panjang dan lebih tinggi tingkat kesulitannya,” ujarnya di sela-sela acara.

Menurut Letkol  Pnb. Romas Confor Upacara Tradisi terbang solo pertama dan terakhir kali ini diikuti oleh 51 perwira lulusan Akademi Angkatan Udara.   Berhasil melaksanakan terbang solo pertama adalah  Letda tek Juliar , dan memperoleh predikat terbang solo terakhir adalah Letda Tek Septa.

Usai upacara acara dilanjutkan dengan Acara Tradisi yang dipimpin lansung oleh Danlanud Adisutjipto ditandai dengan pemotongan rambut, pembalutan kapas, penyiraman air bunga, dan pemecahan telur di atas kepala perwakilan siswa. Danlanud Adi Soemarmo dan istri juga berkesempatan ikut dalam rangkaian acara tradisi tersebut.

Upacara yang diikuti oleh seluruh siswa sekbang, Instruktur Penerbang serta ground Crew dihadiri oleh, Komandan Lanud Adisoemarmo  dan para pejabat, Komandan Wing Dik Terbang Lanud Adisutjipto, para Kadis dan Para Komandan Skadron serta para Undangan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando