PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Babinsa Slateng dan Babinsa Sumber Anget Lakukan Pendampingan Panen Kelompok Tani

Babinsa Slateng dan Babinsa Sumber Anget Lakukan Pendampingan Panen Kelompok Tani

Written By portal komando on 20 Mei 2017 | 11:19 AM


PK,.Jember. Pendampingan pertanian oleh Babinsa bersama PPL semakin aktif dilaksanakan seiring dengan target peningkatan produktifitas, target luas tambah tanam dan lain-lain hingga menuai terwujudnya kemantapan swa sembada pangan secara nasional.

Upaya tersebut seperti yang selalu dilaksanakan oleh Babinsa jajaran Kodim 0824 Jember, termasuk yang dilakukan oleh Babinsa Desa Slateng Serda Calisto dan Babinsa Sumber Anget Kopka Sunaryo yang masing-masing berada dalam satu wilayah Kecamatan Ledokombo, Koramil 0824/06 Ledokombo.

Serda Calisto melakukan pendampingan panen dikelompok tani Harapan Desa Slateng Kecamatan Ledokombo dilahan seluas 7 hektar yang menanam varietas Bria dengan hasil per hektar sebesar 5,6 ton. Ketua Kelompok Tani Harapan Bpk Irma Kusnadi menyampaikan terima kasih dengan adanya pendampingan Babinsa dan PPL tersebut petani sangat terbantu dan lebih semangan dalam mengelola pertaniannya.

Sedangkan Kopka Sunaryo melaksanakan pendampingan panen dilahan H Arif seluas 6 hektare yang menanam jenis padi PW dengan hasil mencapai 5,8 ton per hektare, senada dengan apa yang disampaikan Pak Irma Kusnadi, H Arif juga menyampaikan terima kasih atas pendampingan Babinsa bersama PPL memudahkan petani dalam melaksanakan tehnis pertanian secara benar sehingga beberapa musim tanam ini selalu aman dari gangguan hama dan kendala lainnya.

Terkait kegiatan anggotanya tersebut Danramil 0824/06 Kapten Inf Sumaryono membenarkan dan dirinya telah menginstriksikan kepada seluruh Babinsa jajarannya untuk melakukan pendampingan bersama PPL secara sungguh-sungguh demi suksesnya Program Ketahanan Pangan, bahkan dirinya juga memerintahkan Babinsa untuk menghimbau kepada petani yang panen untuk menjual hasilnya kepada Bulog walaupun tidak seluruhnya sehingga memperkuat stock gabah Bulog dalam menunjang stock pangan secara nasional.

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824 menyampaikan terima kasihnya kepada selauruh jajarannya yang telah melaksanakan pendampingan pertanian secara sungguh-sungguh, hal tersebut tentunya sangat membantu perwujudan beberapa target dalam.progran ketahanan pangan diantaranya target penywrapan Bulog Sub Divre Jember yang sudah melampui 70 persen, ranking I secara nasional.

Kabupaten Jember memang memiliki peran tersendiri dalam program ketahanan pangan secara nasional, bahkan Jember dapat dikatakan barometer pertanian karena memiliki lahan produktif yang cukup luas dan mampu mendukung 30 % stock beras propinsi Jawa Timur, dan Jawa Timur sendiri penyuplai 30% stock beras nasional, untuk itu perlu kesungguh-sungguhan dalam pendampingannya.tegas Letkol Inf Rudianto.(sis24)

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando