PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Dandim 0824 Cek Demplot Kerjasama HKTI Jember Dengan Ramil 0824/26 Jelbuk

Dandim 0824 Cek Demplot Kerjasama HKTI Jember Dengan Ramil 0824/26 Jelbuk

Written By portal komando on 14 Mei 2017 | 5:10 PM



PK,.Jember. Sejak di laksanakannya kerjasama Departemen Pertanian dengan Markas Besar TNI AD dalam mewujudkan program ketahanan pangan nasional, hubungan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dengan TNI didaerah semakin dekat, hal tersebut tentunya terkait dengan keseriusan bersama dalam turut serta berperan dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Seperti yang dilakukan di Kabupaten Jember Ketua HKTI Jember Jumantoro yang melakukan kerjasama pembuatan demplot pertanian (percontohan) di Ds Panduman Kecamatan Jelbuk dan bekerjasama dengan Koramil 0824/26 Jelbuk dengan menggunakan pupuk non subsidi.

Menurut Jumantoro kerjasama tersebut dalam rangka mengedukasi kepada petani agar tidak terlalu bergantung kepada pupuk bersubsidi, kareta pada tahun 2017 ini subsidi pupuk secara nasional ada pengurangan sekitar 1 juta ton, tentunya lama kelamaan akan dihapus juga keberadaan subsidi pupuk tersebut.

kegiatan tersebut diawali dengan pemberian bantuan pupuk non subsidi dari HKTI Jember kepada petani Ds Panduman, pada kesempatan tersebut Jumantoro menjelaskan bahwa perhatiannya saat ini memang lebih fokus kewilayah Jember bagian utara yang pertaniannya dipandang kurang perhatian, hal ini memang kondisi wilayah Jember bagian utara merupakan dataran tinggi, berbukit sehingga tidak seproduktif Jember bagian selatan yang kondisi tanahnya rendah, datar dan pengairan mudah sepanjang tahun.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto pada 14/05/2017 Pukul 09.30 Wib usai membuka Diklat Pramuka Saka Wira Kartika dan masih berpakaian Pramuka berkenan mengadakan pengecekkan ke lahan demplot tersebut didampingi oleh Danramil 0824/26 Kapten Inf Norman Heru beserta Muspika Jelbuk dan Ketua HKTI Jember Jumantoro berkenan menaburkan pupuk non subsidi bersama-sama karena lahan tersebut memang saatnya pemupukkan.

Dalam Konfirmasinya Letkol Inf Rudianto menegaskan dirinya sangat salut dan mendukung sekali HKTI Jember yang memiliki ide kreatif seperti ini, upaya-upaya seperti ini adalah bagian dari peran kita semua terhadap terwujudnya kemantapan swa sembada pangan daerah guna menunjang swa sembada pangan nasional.

Lebih Lanjut Letkol Inf Rudianto menambahkan apalagi demplot ini menggunakan pupuk non subsidi, tentunya ini memberukan edukasi kepada para petani untuk tidak selalu bergantung pada pupuk bersubsidi, hal tersebut tentunya akan mewujudkan kemandirian petani dimasa mendatang. (sis24)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando