KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Kasarmatim : Komandan Harus Tegas Dan Bijaksana

Kasarmatim : Komandan Harus Tegas Dan Bijaksana

Written By portal komando on 17 Mei 2017 | 6:03 PM


PK,.SURABAYA,.Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., memimpin kegiatan Forum Komandan KRI, bertempat di Gedung Candrasa Koarmatim, Ujung Surabaya. Rabu, (17/05/2017)
 
Pada kegiatan Forum Komandan KRI kali ini Kasarmatim menyampaikan pengarahan kepada Perwira yang berjumlah 50 orang bahwa, para Komandan KRI harus memahami tentang penerapan sanksi atau hukuman kepada prajuritnya yang terbukti melakukan pelanggaran seperti yang marak terjadi saat ini. Pelajari Kep Kasal Nomor Kep/2304/XI/2016 tanggal 15 November 2016 tentang Buku petunjuk teknis (Bujuknis) penerapan sanksi administrasi bagi prajurit TNI AL dan Perkasal nomor 24 tahun 2016 tanggal 22 Desember 2016 tentang atasan yang berhak menghukum di lingkungan TNI AL.
 
Lanjutnya, berkaitan dengan aturan tersebut, penjatuhan hukuman dari seorang Komandan atau Atasan yang berhak menghukum (Ankum) terhadap prajuritnya harus dilaksanakan secara adil dan tidak bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku.
 
Dengan terjadinya beberapa tindak pidana atau kriminalitas yang melibatkan oknum prajurit, maka para Komandan perlu meningkatkan pemahaman mengenai psikologi prajuritnya untuk dijadikan landasan dalam pelaksanaan pembinaan prajurit di jajarannya.
 
Mengingat waktu terus berjalan, permasalahan-permasalahan yang muncul semakin kompleks, maka perlu upaya pengembangan diri dan pengembangan metode dengan terus belajar dan belajar. Pemahaman terhadap psikologi manusia perlu kita ketahui dan pelajari karena kita memimpin manusia, dimana perubahan psikologisnya terhadap dinamika lingkungan akan berdampak pada tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang prajurit.
 
Disamping itu forum ini juga disampaikan oleh narasumber dari Diskum Koarmatim tentang “Pencerahan Keankuman dan penerapan sanksi administrasi prajurit” yang disampaikan oleh Kasubdisdargakkum Diskum Koarmatim Letkol Laut (KH) Joko Sutikno, S.H., selain menerima pembekalan dari Diskum pada kegiatan Forum Komandan kali ini juga menerima pembekalan dari Perwira Dispial Letkol Laut (KH) Anom tentang “Pemahaman psikologis anggota dalam mencegah pelanggaran”. Serta paparan tentang “Prosedur pengadaan barang dan jasa” yang disampaikan oleh Letkol Laut (T) Irwanto, S.E., yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubdisada Dismatbek Koarmatim.
 
Hadir dalam acara tersebut antara lain, para Komandan Satuan, Kadiskum Koarmatim serta seluruh Komandan KRI yang berada di Pangkalan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando