PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » KOHANUDNAS ADAKAN SIMULASI PENANGGULANGAN KEBAKARAN

KOHANUDNAS ADAKAN SIMULASI PENANGGULANGAN KEBAKARAN

Written By portal komando on 20 Mei 2017 | 2:54 PM



Keterangan Gambar : Panglima Kohanudnas Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E,M.M., saat mencoba mensimulasikan memadamkan api dengan memakai alat pemadam api ringan (APAR) pada kegiatan demo latihan pemadam kebakaran di Stadion Labda Prakasa Nirwikara Kohanudnas Halim Perdanakusuma, Kamis (18/5).

PK,.JAKARTA,.Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E,M.M., didampingi Kas Kohanudnas Marsma TNI Tamsil Gustari Malik mengikuti simulasi penanggulangan kebakaran di Lapangan Bola Labda Prakasa Nirwikara Kohanudnas Jakarta, Kamis(18/5). Kegiatan dibuka oleh Kasubsi Base Rescue Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma Mayor Tek Muji Waluyo kemudian teori dan praktek, dipandu Serka Subiyanto.

Dalam pengantarnya Mayor Tek Muji Waluyo menyampaikan,”Hal penting yang berkaitan dengan peristiwa kebakaran, adalah kurangnya kesadaran tiap individu dalam mencegah terjadinya kebakaran. Diantaranya membuang puntung rokok sembarangan dan tidak mematikan api secara benar saat pembakaran sampah,” ujarnya. Sementara itu, Serka Subiyanto menyampaikan secara berurutan mulai dari definisi, macam-macam kebakaran, faktor-faktor bahaya kebakaran, langkah menghadapi kebakaran, alat pemadam kebakaran dan praktek pemadaman api oleh anggota.

Dijelaskan Serka Subiyanto ada empat unsur api yang bisa menyebabkan kebakaran yaitu oksigen, panas, bahan bakar dan reaksi. Dengan adanya alat pemadaman kebakaran, akan memutus unsur api yang akan membesar Di praktekkan juga penggunaan alat pemadam kebakaran ringan (Apar) yaitu Foam, DCP, Co2, BCF dan Buffet. “Untuk ruangan dan standby pesawat yang akan terbang Apar Co2 karena tidak menyebabkan efek yang merusak,” tegasnya.

Selanjutnya secara bergantian personel Kohanudnas mencoba memadamkan api meliputi tim pemadam kebakaran, perwira, PNS baik pria maupun wanita. Simulasi yang dilaksanakan ini merupakan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran dengan menggunakan alat tradisional yaitu karung goni yang dibasahi air, kemudian ditutupkan pada objek yang terbakar. Hal ini mampu memadamkan api secara cepat karena menghambat masuknya oksigen yang merupakan elemen penting dalam reaksi pembakaran. Selain itu juga disimulasikan cara-cara penggunaan alat modern, berupa Apar.

Usai praktek Panglima Kohanudnas menyampaikan terima kasihnya kepada Tim simulasi kebakaran dari Lanud Halim Perdanakusuma atas pelaksanaan kegiatan simulasi kebakaran di Kohanudnas yang berjalan lancar. “Kita tidak menghendaki kejadian ini terjadi, tapi kalaupun terjadi kita masih bisa menanggulangi seperti apa yang dijelaskan oleh Tim Pemadam Kebakaran Lanud Halim Perdanakusuma. Saya lebih menyarankan tindakan pencegahan, itu yang paling utama sehingga kita bisa menanggulangi kerugian yang lebih besar,” tegasnya.




Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando