PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » KOMANDAN SESKOAL LEPAS PESERTA KULIAH KERJA FORUM STRATEGI DAN KKDN PASIS SESKOAL

KOMANDAN SESKOAL LEPAS PESERTA KULIAH KERJA FORUM STRATEGI DAN KKDN PASIS SESKOAL

Written By portal komando on 15 Mei 2017 | 8:19 AM

 
PK,.JAKARTA,.Seskoal,- Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., melepas 130 Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-55 TP 2017 yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Forum Strategi II dan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di Lapangan R.E Martadinata, Seskoal, Bumi Cipulir Jakarta Selatan, Senin pagi (15/05).

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama lebih kurang 2 minggu ini mengambil lokasi di beberapa kawasan sepanjang Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I yaitu Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari 6 Perwira Pembimbing dan 40 Pasis, Bangka Belitung terdiri dari 7 Perwira Pembimbing dan 32 Pasis, Lampung terdiri dari 6 Perwira Pembimbing dan 33 Pasis serta Kabupaten Ranai terdiri dari 6 Perwira Pembimbing dan 32 Pasis.

Lokasi ini dipilih dengan pertimbangan bahwa letak dan kondisi geografis sebagai jalur laut Internasional yang cukup padat di dunia yang menghubungkan lalulintas perdagangan internasional sehingga harus menjadi pertimbangan utama dalam menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran dari berbagai ancaman baik militer maupun non militer.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., dijumpai saat upacara Pelepasan mengatakan bahwa Kuliah Kerja Forum Strategi II yang mengangkat tema “Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional di Kawasan ALKI I Guna Mendukung Pertahanan Negara di Laut” dan KKDN dengan tema “Sikap Masyarakat Maritim dalam Berbangsa, Bernegara dan Bela Negara Dalam Rangka Pertahanan Negara” ini merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Pasis untuk membekali Pasis agar menguasai tentang permasalahan-permaslaahan yang terjadi di daerah-daerah yang merupakan salah satu sentra pertahanan Negara.

“Dengan terjun langsung ke daerah sasaran diharapkan kedepan akan menjadi perencana, pemikir dan pelaksana strategis pertahanan Negara di laut serta mampu merumuskan postur dan struktur kekuatan TNI AL dan perkiraan resiko untuk mendukung konsepsi pertahanan Negara di laut”, ujarnya.

Sementara kegiatan pengabdian masyarakat menurut pejabat nomor satu di jajaran Seskoal ini, merupakan kuliah kerja dalam bentuk penelitian terhadap kondisi masyarakat di daerah baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta bela Negara dalam rangka pertahanan Negara di daerah. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi, karena Pasis lulusan Seskoal nantinya akan menyandang gelar Magister Terapan Pertahanan Laut.

Acara pelepasan ini turut serta dihadiri Wadan Seskoal Laksma TNI TSNB. Hutabarat, M.MS, Seklem Seskoal Kolonel Laut (S) Imam Suprayitno, S.E., M.Tr (Han), Para Pejabat Utama Seskoal serta Patun dan Dosen Seskoal.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando