PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Latihan Puncak Sikatan Daya Koopsau II

Latihan Puncak Sikatan Daya Koopsau II

Written By portal komando on 16 Mei 2017 | 5:18 PM



PK,.Penlanud Abd (15/5). Komandan Lanud Abd Saleh Marsekal Pertama TNI Julexi Tambayong melihat langsung Latihan puncak Komando Operasi TNI AU (Koopsau) II di AWR (Air Weapon Range) Pandan Wangi, Lumajang, Jawa Timur bersandi Sikatan Daya 2017, digelar hari ini (Senin 15/5). Latihan yang akan berlangsung hingga delapan hari, mulai tanggal 8 mei sampai tanggal 15 Mei 2017. 
 
Latihan Sikatan Daya 2017 dibuka oleh Kaskoopsau II Marsma TNI Donny Ermawan T. M.D.S., di Loby Makoopsau II, Makassar. Ikut hadir para Asisten dan pejabat Koopsau II, perwakilan pelaku serta pendukung latihan lainnya.
 
Untuk kegiatan penembakan, akan di kerahkan pesawat tempur Sukhoi Su-27/30, F-16 fighting falcon dan Super Tucano. Ketiga pesawat tempur ini akan melaksanakan Air to Ground penembakan dari udara ke darat dengan menggunakan bom maupun roket. latihan ini juga menjadi evaluasi pada tingkat latihan satuan jajaran koopsau II yang dilaksanakan sebelumnya, di masing-masing jajaran untuk melihat pencapaian tingkat profesionalisme para penerbang yang terlibat beserta satuan lain, agar kesiapan dalam mejalankan tugas operasi, tetap terjaga apabila diperlukan.
 
Latihan yang melibatkan seluruh pesawat tempur dari Lanud jajaran Koopsau II, seperti Lanud Sultan Hasanudin, Makassar, Lanud Iswahjudi, Madiun serta Lanud Abdulrachman Saleh, Malang ini, dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama dilaksanakan latihan Pos Komando (Latposko) secara teleconference di satuan masing-masing. Tahap kedua dilanjutkan dengan kegiatan Tactical Air Manouvering Game (TAMG) di Markas Komando Operasi Angkatan Udara II, Makassar. Dan tahap terakhir dilaksanakan latihan lapangan berupa penembakan di AWR (Air Weapon Range) Pandan Wangi, Lumajang, Jawa Timur.
 
Latihan Sikatan Daya 2017 bertema “Koopsau II Bersama Jajarannya Melaksanakan Operasi Udara di Wilayah yang Menjadi Tanggungjawabnya Guna Mendukung keberhasilan Tugas Pokok TNI” kali ini, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel dan satuan jajaran Koopsau II. Sementara sasarannya adalah menguji doktrin, Protap dan Juknis, serta diperolehnya masukan tentang kekurangan dan ketidak sempurnaan pembinaan satuan. Bertindak sebagai Pemimpin Umum latihan Pangkoopsau II Marsda TNI Umar Sugeng H., S.IP., S.E., M.Si., sementara Direktur Latihan adalah Asops Kaskoopsau II Kolonel Pnb Asril Samani, S.IP., M.Si.
 
Selain pesawat-pesawat tempur, dalam latihan kali ini juga dikerahkan unsur angkut dan intai, seperti pesawat C-130 Hercules, Boeing 737 Surveilance dan C-212 Cassa dan Helikopter SAR. Untuk pasukan dilibatkan personel Paskhas Batalyon 464 dari Wing 2 Paskhas Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando