KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Pelatihan Combat Lifesaver Integratif TNI Di Korps Marinir

Pelatihan Combat Lifesaver Integratif TNI Di Korps Marinir

Written By portal komando on 16 Mei 2017 | 9:07 AM


PK,.JAKARTA,.Dalam rangka dukungan kesehatan operasi dalam penanganan keadaan kedaruratan medis korban tempur, segenap personel militer ikuti Pelatihan Combat Lifesaver Integratif TNI di Kesatrian Hartono, Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan dan sekitarnya, Senin (15/05/2017)

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Inspektur Upacara (Irup) Kolonel CKM Drs. Eko Suyono, Apt., mewakili Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, Mars., dengan Komandan Upacara Mayor Laut (K) A. Amirudin., di Batalyon Kesehatan-2 Marinir selaku panitia penyelenggara latihan.

Kapuskes TNI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irup menyampaikan bahwa dalam perspektif sistem pertahanan khususnya bagi personel militer, kualitas kesehatan merupakan salah satu komponen penting dalam rangka menjaga kesiapan fisik dan mental prajurit agar dapat mendukung setiap pelaksanaan tugas dalam rencana strategis pembangunan kesehatan TNI.
 
“Meningkatkan pembinaan kemampuan terkait dengan dukungan kesehatan operasi dipandang perlu melibatkan personel TNI dari satuan tempur untuk dilatih menangani keadaan kedaruratan medis korban tempur,” kata Kapuskes TNI.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai pengalaman di medan perang menunjukan bahwa ketika ada prajurit yang terluka, yang paling pertama melakukan penanganan medis bagi korban tempur justru diberikan oleh rekannya sesama prajurit sebelum petugas kesehatan datang, sehingga nyawa korban dapat terselamatkan.

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI yang bertugas di satuan tempur untuk dapat memberikan pertolongan pertama kegawatdaruratan di daerah operasi maupun di daerah latihan.

Pelatihan ini diikuti para personel non kesehatan dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, yaitu Yonif Raider 400/Br Kodam IV Diponegoro sebanyak 10 orang, Pasmar-1 dan Pasmar-2 sebanyak 6 orang, serta Yon 461/Paskhas sebanyak 4 orang.

Dalam laporan kesiapan latihan yang dibacakan Komandan Batalyon Kesehatan-2 Marinir Letkol Laut (K) Hendra, W. Sp.KK., selaku Ketua Panitia, mengatakan bahwa para peserta akan menerima beberapa materi latihan diantaranya Bantuan Hidup Dasar, Penilaian Korban, Tanda-tanda Vital, Penghentian Pendarahan, Evakuasi Medis, Luka Bakar, Patah Tulang, Triage Scenario, Trauma Kepala dan Cidera Spinal, serta Gigitan Binatang Berbisa.

Sedangkan penyampaian materi akan diberikan oleh para instruktur ilmu kesehatan terbaik Korps Marinir diantaranya Letkol Laut (K) dr. Hendra W. Sp. KK., Mayor Laut (K) dr. Rosa Omi, S. Sp.OT., Mayor Laut (K) A. Amirudin, Kapten Laut dr. Adillah., Kapten Laut dr. Nursito., Pelda Rum Kuat S., dan Serma Djoko S.

Selesai upacara pembukaan dilaksanakan foto bersama, peninjauan tenda rumah sakit lapangan dan demontrasi bongkar pasang Tenda Rumah Sakit lapangan yang praktis dan cepat.

Hadir pada acara tersebut Kolonel Laut (K) dr. Mariyono, B.Sc., dari Diskesal, Kadiskes Kormar Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta Jayantri, SpPD., Kolonel Kes dr. N Gatot, C.P. dari Paskhas, Letkol Kes Eko Yulianto dari Puskesad, dan perwakilan undangan lainnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando