Home » » Prajurit Yonmarhanlan XIV Amankan Lantamal XIV Sorong

Prajurit Yonmarhanlan XIV Amankan Lantamal XIV Sorong

Written By portal komando on 14 Mei 2017 | 5:30 PM

PK,. (Sorong), Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XIV mengamankan massa yang melakukan demo di Lantamal XIV Sorong, Papua Barat, Sabtu (13/05/2017).

Lantamal XIV Sorong didatangi sekelompok orang yang mengatasnamakan masyarakat peduli lingkungan untuk berunjuk rasa menuntut klarifikasi  Lantamal XIV perihal upaya pemerintah Kota Sorong dalam rangka reklamasi pantai Tembok Berlin Kota Sorong.

Kehadiran Demonstran langsung disambut Tim Dakhura Yonmarhanlan XIV Sorong dibawah pimpinan Letda Mar Handriono dan Tim Dakhura Lantamal XIV dibawah pimpinan Letda Laut (P) Ferdy guna mengahalau dan menahan para demonstran yang berupaya masuk ke dalam Kesatrian Lantamal XIV dengan cara yang anarkis. Upaya negosiasi dan persuasif telah ditempuh namun karena hasilnya nihil maka ditempuh menindak tegas para demonstran yang mengakibatkan 1 demonstran mengalami luka tembak peluru karet dan yang lainnya melarikan diri.

Ternyata aksi Demonstrasi yang dilakukan sekelompok orang (GPK) merupakan pengalihan perhatian, karena di gudang Senamo telah terjadi sabotase darat yang dilakukan oleh OTK, dengan sigap para prajurit Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV langsung melaksanakan pengamanan kesatrian Lantamal XIV dan berhasil menggagalkan upaya sabotase yang yang dilakukan oleh OTK.

Karena upaya sabotase gagal, pihak GPK meminta bantuan negara Musang menyerang kesatrian Lantamal XIV Sorong dengan kekuatan udara mereka, pesawat tempur yang dikirim untuk menyerang kesatrian Lantamal XIV Sorong mendapat perlawanan sengit dari KRI, KAL dan Pertahanan Udara dari Baterai Arhanud Yonmarhanlan XIV Sorong dibawah pimpinan Lettu Mar Nanang Wahyudi dan dari perlawanan sengit itu 5 unit pesawat tempur milik negara Musang berhasil ditembak jatuh serta mengakibatkan kebakaran dibeberapa sudut kesatrian Lantamal XIV namun segera dipadamkan dengan menggunakan alat PMK dan Mobil Damkar Lantamal XIV Sorong.

Prajurit Yonmarhanlan XIV Sorong yang dikomandoi Mayor Marinir Hariyono Masturi, S.Tr (Han), M.Tr (Hanla) bersama prajurit Lantamal XIV berhasil menghalau massa yang melakukan demo.

Kegiatan tersebut merupakan skenario  uji latihan Glagaspur P1 & P2 Lantamal XIV Sorong yang dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 12 dan 13 Mei 2017.

Kegiatan latihan yang disaksikan Wadan Lantamal XIV Kolonel Marinir Anif Hidayat beserta Para Asisten Lantamal XIV tersebut dalam rangka penilaian oleh Tim dari Kolat Armatim yang dipimpin Letkol Laut (P) Mansyur.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando