PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Babinsa Koramil 11/Sidareja Dampingi Penilaian Lomba Desa Mandiri Pangan Kelompok Wanita Tani

Babinsa Koramil 11/Sidareja Dampingi Penilaian Lomba Desa Mandiri Pangan Kelompok Wanita Tani

Written By portal komando on 14 Jun 2017 | 2:15 PM

PK,.Cilacap - Babinsa Koramil 11/Sidareja, Kodim 0703/Cilacap, Serma Amin, Serka Supriyanto dan Serda Sabarja mendampingi penilaian lomba desa mandiri pangan kelompok wanita tani " Mekarsari" tingkat Kecamatan, di Desa Tegal Sari, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Rabu (14/06).

Turut hadir penilaian lomba desa mandiri, Forkompimcam Sidareja, Kepala UPT Pertanian dan Instansi terkait. Tim penilai berjumlah 4 orang diantaranya, Dinas Perekonomian, Dishutbun serta Dinas Pertanian dari Kabupaten Cilacap.

Dalam release Danramil 11/Sidareja, Kapten Inf. Saidin mengatakan,"Pengembangan desa mandiri pangan merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan sistem kemandirian pangan untuk meningkatkan ketahanan pangan di pedesaan. Adanya potensi rawan di pedesaan pada umumnya sangat dipengaruhi karena faktor akses pangan masyarakat. 

Kemiskinan yang terjadi di daerah pedesaan ada karena pendapatan masyarakat masih belum mampu mencukupi untuk kebutuhan hidup. Hasil produksi pertanian yang relatif kecil dengan luas lahan yang semakin sempit dengan tanpa diolah lebih lanjut. Sehingga banyak petani yang hanya memperoleh penghasilan dari hasil produksi tanpa melalui proses pengolahan lebih lanjut.

Perkembangan pola hidup masyarakat pedesaan juga banyak mengalami perubahan yang semakin tidak mendukung produk-produk lokal. Kurangnya pemahaman keunggulan pangan lokal di masyarakat berakibat ada kecenderungan kurangnya konsumsi pangan lokal. Banyak hasil pangan lokal yang sekarang masih dimasyarakat yang nilai gizi tidak kalah dengan produk-produk import. Prefensi pangan yang masih sangat rendah di masyarakat pedesaan juga menjadikan ketergantungan pangan yang tinggi pada produk-produk non lokal. Sehingga akan semakin menurunkan tingkat kemandirian pangan.

Tim Pangan Desa (TPD) merupakan lembaga yang bersifat manajerial yaitu meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring evaluasi sistem ketahanan pangan di Desa.  Sedangkan kelompok afinitas merupakan kelompok sasaran penerima bantuan stimulan program desa mandiri pangan.

Dengan adanya program ini sangat membantu masyarakat untuk mengolah potensi sumber daya alam yang ada dalam rangka ketahanan pangan sehingga akan terwujud kemandirian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan. (Sty-Pendim0703Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando