Home » » Danrem 173/PVB Hadiri Ground Breaking Cetak Sawah 500 HA TA 2017 Di Kab. Nabire

Danrem 173/PVB Hadiri Ground Breaking Cetak Sawah 500 HA TA 2017 Di Kab. Nabire

Written By portal komando on 9 Jun 2017 | 4:10 PM



PK,.Nabire. Bertempat di kampung wiraska Danrem 173/PVB Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E, mengadiri Kasiops Rem 173/PVB, Kasiops Korem 173/PVB Kolonel Inf Yusuf S Toding, Kasiter Korem 173/PVB Kolonel Kav Siswono, Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Jerry Harapan Tua Simatupang, Staf Ahli Bupati Viktor Sawo, Plt Kepala Dinas Pertanian Ibu Purwati, Kajari kab Nabire I Gede Pasek, Ketua DPRD Nabire Marthen Douw Danyonif RK 753/AVT Letkol Inf Endang sumardi, Danden Zipur 12/OHH Mayor Czi Franciscus Xaverius Douw, para petani.( 08/06/17 )

Staf ahli bupati bidang pembangunan pemda kabupaten Nabire Fiktor Sawo Pada hari ini kita boleh ada ditempat ini bersama Danrem 173/PVB beserta rombongan berkaitan kunker diwilayah garnizun kodim 1705/PN khususnya kab. Nabire, selaku pimpinan daerah menyampaikan selamat datang di kab. Nabire ini kami sambut kunjungan bapak Danrem 173/PVB dengan gembira karena pihak TNI melalui korem 173/PVB telah banyak memberikan dukungan dan sumbangannya dalam proses pembangunan kab. Nabire baik secara fisik maupun non fisik terutama dalam menjaga stabilitas keamanan daerah.

Swasembada pangan menjadi program prioritas, kenyataan membuktikan bahwa indonesia mengalami swasembada pangan pada dekade 1980-an yg ditandai dengan swasembada beras tahun 1984 saat itu indonesia mampu memproduksi beras sebanyak 28,5 juta ton. Kesuksesan ini mendapat penghargaan dari F.A.O pada tahun 1985 dan merupakan prestasi besar bagi indonesia.

F.A.O mencatat bahwa kelaparan penduduk dunia tahun 2010 mencapai 925 juta jiwa, ini berarti satu dari enam penduduk dunia masih terjebak dalam kelaparan, sementara di indonesia paling sedikit 23,63 juta penduduk indonesia terancam kelaparan, sebagai negara agraris, lahan pertanian indonesia belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan pokok masyarakatnya. Bertolak dari gambaran tersebut diatas, hari ini kunjungan kerja Danrem 173/PVB untuk melakukan pencanangan pembukaan lahan cetak sawah seluas 500 hektar dalam rangka mewujudkan swasembada pangan dikabupaten nabire.

Dalam kegiatan perluasan areal sawah ini kita melibatkan pihak TNI angkatan darat dalam setiap aspek kegiatan dalam rangka mewujudkan swasembada pangan. Hal yg wajar karena pada saat ini TNI AD sedang menjalankan strategi transformasi yg meliputi bidang pertempuran, bidang teritorial dan dukungan dalam strategi transformasi tersebut melalui 5 pilar dan salah satu di antaranya adalah memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Terkait dengan hal tersebut TNI AD sudah mengambil langkah kongkrit, yg salah satunya adalah memberikan pendampingan kepada para petani yg sudah dilakukan oleh para babinsa di kab. Nabire dengan melaksanakan kerja sama dengan dinas pertanian dan perkebunan kab. Nabire. Swasembada sangat penting, tidak mungkin ketahanan nasional bisa tercapai tanpa ketahanan pangan dan tidak mungkin ketahanan pangan terwujud tanpa swasembada pangan.

Dalam kesempatan ini penandatanganan MOU cetak sawah 500 HA oleh Danrem 173/PVB Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E dan Plt Kepala Dinas Pertanian ibu Purwati dan langsung diserahkan surat kerja sama cetak sawah kepada Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Jerry Harapan Tua Simatupang

Danrem 173/PVB Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E.menyampaikan Krisis energi dan krisis pangan, apabila kita tidak mau kelaparan maka kita harus berkebun dan berkarya, sesuai dengan program pemerintah yaitu Nawacita salah satunya kita harus berswasembada pangan, patut kita syukuri bahwa di Kab. Nabire terdapat banyak lahan yang subur, Program ini bukan hanya tugas dinas pertanian dan TNI saja tapi peran masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga percetakan sawah harus benar- benar dilaksanakan. 
 
Kami minta agar para babinsa benar-benar melaksanakan pendampingan kepada masyarakat apabila ada kendala di laporkan, Bahwa tugas TNI selain Menjaga stabilitas keamanan, TNI juga memba ntu pemda dalam pembangunan, kami TNI berasal dari rakyat dan akan kembali ke rakyat, kepada seluruh masyarakat apabila ada permasalahan segera laporkan ke polri maupun TNI. mari kita dukung pekerjaan percetakan sawah dan kepada para petani harus bekerja dengan sungguh sungguh, kita harapkan Nabire menjadi model atau contoh dari daerah lain, dengan ketahanan pangan yang kuat dapat meningkatkan ketahanan nasional.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando