PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Masjid Baiturrahman Gowok Gelar Peringatan Nuzulul Quran

Masjid Baiturrahman Gowok Gelar Peringatan Nuzulul Quran

Written By portal komando on 12 Jun 2017 | 8:31 AM

Suasana jamaah dengan antusias mendengarkan tausiyah Hikmah Nuzulul Quran

PK,.YOGYAKARTA,.Panitia Ramadhan 1438 H/2017, Masjid Baiturrahman Komplek Polri Gowok, menggelar rangkaian acara peringatan Nuzulul Quran, Minggu 11/6, peringatan tersebut dihadiri seluruh jamaah dan warga Komplek Polri Gowok, Ambarukmo dan Sekitarrnya, bertempat di Masjid Setempat.

Ketua Panitia, Juddin Norsyamsi, disela-sela acara mengatakan bahwa peringatan Nuzulul Quran  ini dilaksanakan sehabis sholat tarawih, yang dikemas dalam bentuk kajian histori turunnya kitab suci umat Islam yang menjadi tuntunan bagi umat muslim dunia, yang sebelumnya telah dilaksanakan kajian mingguan jelang buka bersama sebagai penceramah adalah Oman Faturrahman dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

"Peringatan  ini untuk merefres kembali sejauh mana pemahaman umat islam khususnya jamaah Masjid Baiturrahman dan sekitarnya, terhadap pemahaman Alquran, dan bagaimana pengamalan dalam kehidupan sehari hari" papar Juddin.

Sementara penceramah,  Ustadz Imam Mukhlas S dari Yogyakarta menyampaikan Hikmah Nuzulul Quran terutama dalam bulan suci Ramdhan ini membuat manusia lebih berintropeksi diri, apakah sudah benar-benar mengimani Al Qur’an dengan segenap hati tanpa ada keraguan sedikitpun. "Sudah sejauh mana kemampuan diri dalam mempelajari lembaran ayat beserta makna dalam kitab Al Qur’an" imbuhnya.

Lebih lanjut Ustadz Imam Muchlas menambahkan hikmah Nuzul Quran dalam bulan Ramadhan sebagai pedoman hidup manusia, dengan segala penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda diantara yang batil dan haq. "Kitab Al Qur’an diturunkan dari Lauh al Mahfudz pada suatu waktu ke seluruh semesta jagat raya ( Bait al-Izzah) di malam Lailatul Qadar, lalu diturunkan secara terus menerus selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Diakui bahwa Al Qur’an benar-benar berasal dari Allah yang Maha Kuasa penuh lagi Maha Rahim, sehingga waktu Al Qur’an turun berangsur-angsur, kemudian menjadi kitab hidayah yang penuh untaian kata dan makna indah dalam masing-masing ayatnya kian menguatkan Al Qur’an sebagai Kalam Ilahi terbaik, Zat yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji" terang Imam Muchlas.

Ustadz Muchlas berharap moment luar biasa dengan adanya hikmah Nuzul Alquran ini mampu mendorong sikap umat lebih mengamalkan dengan baik, minimal One Day One Juz, sehari satu juz.  Selain itu dapat mempelajari cara membacanya dengan baik dan benar. "Karena dengan datangnya hikmah Nuzul Quran ini akan memberikan nilai-nilai kebaikan sebagai amal yang bisa digunakan dalam kehidupan umat manusia" tutupnya.(AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando