Home » » Presiden Joko Widodo Resmikan Bandar Udara Wiriadinata Tasikmalaya

Presiden Joko Widodo Resmikan Bandar Udara Wiriadinata Tasikmalaya

Written By portal komando on 15 Jun 2017 | 6:08 PM



Keterangan Foto : Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Safeano Cahyo Wibowo,S.T., Exc Dipl SS, menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, di Appron Lanud Wiriadinata, Jum’at (09/06).
 
 
PK,.TASIKMALAYA,.Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Safeano Cahyo Wibowo,S.T., Exc Dipl SS, menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, di Appron Lanud Wiriadinata, Jum’at (09/06). 
 
Presiden beserta rombongan mendarat tepat pukul 09.10 WIB menggunakan pesawat CN-295 TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Hadir dalam penyambutan tersebut Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E., Wakil Gubernur Jawa Barat, Pangdam III/ Siliwangi, Kapolda Jawa Barat dan Walikota Tasikmalaya .

Setibanya di Lanud Wiriadinata, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo beserta rombongan transit sejenak di VIP Room, sebelum melanjutkan perjalanan menuju SMP Negeri 2 Tasikmalaya, dengan agenda kegiatan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 1500 siswa. Selain itu, Kepala Negara juga menyerahkan sertifikat hak atas tanah warga di Balai Kota Tasikmalaya. Kemudian Presiden menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Agung Tasikmalaya dan dilanjutkan meninjau penyerahan paket sembako di Kecamatan Cihideung, Kabupaten Tasikmalaya.

Malam harinya, Presiden mengunjungi Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, untuk bersilaturahmi sekaligus menunaikan ibadah salat Tarawih berjemaah. Setelah bermalam di Tasikmalaya, Esok harinya, Sabtu 10 Juni 2017, Presiden berkunjung ke Ponpes Miftahul Huda Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Ponpes Darussalam Ciamis. Kemudian Presiden kembali ke Lanud Wiriadinata untuk menyaksikan penandatanganan MOU kesepakatan bersama antara TNI AU, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Pemerintah Kota Tasikmalaya tentang penggunaan bersama Pangkalan TNI Angkatan Udara Wiriadinata sebagai Bandar Udara Wiriadinata di Kota Tasikmalaya yang akan melayani penerbangan komersil.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan oleh tiga pihak, yaitu Direktur Jenderal Perhubungan Udara Bapak Agus Santoso, Wali Kota Tasikmalaya H. Budi Budiman, dan Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E. Pada kesempatan tersebut Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa, pembangunan infrastruktur transportasi baik darat dan udara di kawasan ini akan mempercepat pembangunan kekuatan ekonomi di Tasikmalaya, "Saya melihat Tasikmalaya ini potensi perdagangannya sangat bagus sekali. Ini harus ditunjang oleh infrastruktur, baik di udara atau darat. Tanpa itu, kekuatan ekonomi tidak akan bisa berkembang, sehingga hari ini juga saya perintahkan kepada Menteri Perhubungan, runwaynya kan sekarang 1.200 meter, perpanjang lagi tahun ini menjadi 1.600 meter," lanjut Presiden.

Setelah memberikan sambutan, Presiden didampingi Menteri Perhubungan, Wagub Jawa Barat, Pangkoopsau I, dan Walikota Tasikmalaya berkesempatan malakukan penekanan serine sebagai tanda diresmikannya Bandar Udara Wiriadinata. Kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan penerbangan perdana maskapai Wings Air dengan pesawat ATR-72 lepas landas dengan membawa 13 anak yatim/ piatu, ulama dan awak Media dengan rute Tasikmalaya-Bandung.

Presiden Jokowi dan rombongan setelah menyaksikan penerbangan perdana maskapai Wings Air kemudian kembali ke Jakarta mengakhiri kunjungan kerja di Tasikmalaya dan Ciamis menggunakan pesawat CN-295 TNI AU.

Fasilitas Bandar Udara Wiriadinata :

Luas lahan di dalam Bandara ±70 hektare. Kondisi topografi sekitarnya relatif datar. Kondisi obstacle clear.

Fasilitas sisi udara meliputi:

Arah Landasan: 15-33

Koordinat Threshold: Rwy 15 (070 20’ 30,9”S ; 1080 14’ 35,6”E) ; Rwy 33 (070 21’ 03,8”S ; 1080 14’ 56,3”E)

Dimensi Landasan: 1.200 x 30 m, asphalt, 39/F/D/Y/T

Apron: 37 x 37 m, asphalt, 39/F/D/Y/T

Taxiway: 88 x 25 m, asphalt, 39/F/D/Y/T

Fasilitas sisi darat meliputi:

Terminal Penumpang

VIP Room

Bangunan Tower

Fasilitas alat bantu navigasi adalah NDB: 391 Khz (070 20’ 32,2”S ; 1080 14’ 53,2”E).

Sebagai permulaan, maskapai yang akan beroperasi adalah Wings Air jenis ATR 72 dengan rute Halim Perdanakusuma-Tasikmalaya PP.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando