PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Sebagai Langkah Pengendalian Hama Padi, Babinsa Koramil 08/Adipala Lakukan Penyemprotan

Sebagai Langkah Pengendalian Hama Padi, Babinsa Koramil 08/Adipala Lakukan Penyemprotan

Written By portal komando on 19 Jun 2017 | 5:21 PM

PK,.Cilacap - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Adipala, Kodim 0703/Cilacap
turun ke sawah melaksanakan penyemprotan padi lahan Demlot Koramil Adipala di Kelompok Tani "Sumber Makmur", Dusun Kali Benda, Desa Doplang, Kecamatan Adipala, Senin (19/06).

Penyemprotan ini dilakukan sebagai langkah pengendalian hama padi. 
Penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi.

Kegiatan penyemprotan dengan Pestisida ini bertujuan untuk mencegah dan membrantas hama wereng yang merusak tanaman padi yang akhir-akhir ini mulai mulai menyerang tanaman padi di wilayah Kecamatan Adipala, hal ini diakibatkan kemungkinan karena perubahan iklim yang tidak menentu.

Lahan Demlot Koramil 08/ Adipala hasil kerjasama dengan Kelompok Tani  "Sumber Makmur desa Doplang  dengan luas lahan 1 Hektare, Jenis padi IR 64.Babinsa  bersama Dinas Pertanian melaksanakan sosialisasi sebelumnya untuk mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama Wereng dan hama tanaman yang lainnya seperti tikus dan ulat sebagai antisipasi pengendalian hama yang sudah mulai menyerang tanaman padi.

Selain itu, Babinsa desa Doplang Serma Mashud Suminto juga menghimbau dan mengajak para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut. “Bila penyemprotan dilakukan bersama-sama dengan serentak dan terjadwal, maka hama wereng tidak akan berpindah ke sawah yang lainya dan akan mati." Ajak Babinsa.

“Demi menyelamatkan tanaman padi milik petani dan antisipasi meluasnya serangan hama wereng yang menyerang tanaman padi di lahan Demlot, Babinsa bersama PPL dan Dinas Pertanian juga terus melakukan pendampingan terhadap petani untuk menghilangkan hama wereng," imbuh Serma Mashud Suminto. (Pendim0703Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando