PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Syukuran Dan Buka Puasa Bersama Dalam Rangka Hut Penerbangan Angkatan Laut Ke-61 TA. 2017

Syukuran Dan Buka Puasa Bersama Dalam Rangka Hut Penerbangan Angkatan Laut Ke-61 TA. 2017

Written By portal komando on 18 Jun 2017 | 8:09 AM



PK,.SURABAYA,.Setelah pada pagi hari (Sabtu 17/06/2017) dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT Penerbangan TNI AL ke-61 yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2017, Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) pada sore harinya menggelar syukuran dan buka bersama di Wisma Perwira Lanudal Juanda.

Dalam acara tersebut Wakasal Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman membacakan amanat Bapak Kepala Staf Angkatan Laut Laut Laksamana TNI Ade Supadi, S.E., M.A.P., yang menjelaskan bahwa dalam perjalanan mengemban tugas negara, Penerbangan Angkatan Laut telah terlibat dalam berbagai operasi yang digelar TNI, seperti operasi Trikora, Dwikora, penumpasan PGRS dan Paraku, Cendrawasih II, Seroja, pengusiran kapal Lusitania Expresso, serta operasi pemulihan keamanan di Aceh. Selain itu, sejak tahun 2009 TNI Angkatan Laut mengirimkan unsur-unsur Penerbangan Angkatan Laut dalam operasi perdamaian PBB di Lebanon.

Tahun 2011 unsur Penerbangan TNI Angkatan Laut juga menjalankan tugas sebagai bagian Satgas Merah Putih yang dikirimkan untuk menyelamatkan kapal MV. Sinar Kudus beserta ABK-nya dari pembajakan di perairan Somalia, serta berpartisipasi dalam berbagai tugas latihan Bilateral dengan negara sahabat yang dilaksanakan secara rutin tiap tahun. Berbagai penugasan unsur-unsur Penerbangan TNI Angkatan Laut telah berhasil menunjukkan kiprahnya baik di lingkup Nasional maupun Internasional. Keberhasilan pelaksanaan operasi dan latihan tersebut tentunya menjadi kebanggaan, khususnya bagi seluruh jajaran Penerbangan TNI Angkatan Laut yang telah menyiapkan unsurnya dengan maksimal dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Terkait dengan Satgas Merah Putih dimana pada saat itu Bapak Wakasal selaku Komandan Satgas mengetahui langsung bahwa peran dan semangat Penerbang TNI AL dalam operasi Satgas Merah Putih sangat membanggakan.

Beliau menjelaskan bahwa dalam rangka melakukan pengintaian udara terhadap sasaran dalam hal ini para pembajak, pada saat itu keterlibatan unsur pesawat Helikopter Puspenerbal dengan Penerbang yang handal dan memiliki semangat patriotik mampu melaksanakan misinya dengan sangat baik dan sangat membanggakan sehingga memiliki peran besar dalam kebehasilan tugas. Bapak Wakasal mengharapkan bahwa kedepan unsur-unsur pesawat Puspenerbal dilengkapi dengan peralatan dan persenjataan standar militer .

Dalam acara tersebut Bapak Wakasal dan Ibu didampingi oleh Komandan Puspenerbal dan Ketua Korcab I Jalasenqastri Puspenerbal memberikan satunan dan tali asih kepada anak yatim piatu dibawah pembinaan Puspenerbal.

Hadir dalam acara tersebut para sesepuh Penerbangan TNI AL diantaranya Laksamana (Purn) TNI Tedjo Edy. P., Laksdya (Purn) TNI Gunadi P., Laksdya (Purn) TNI Gatot Suwardi, Laksma (Purn) TNI Edi Tumengkol, Warakawuri Penerbangan TNI AL, Asops Kasal, Pejabat Utama Mabesal, Gubernur AAL, Kas Armatim, Komandan Pasmar 1, Komandan Puspenerbal, Pejabat Forkominda Sidoarjo, tamu undangan dan keluarga besar serta Pengurus Jalasenastri Puspenerbal.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando