KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » 137 Petani di Selopamioro Terbantu dengan Pelaksanaan TMMD

137 Petani di Selopamioro Terbantu dengan Pelaksanaan TMMD

Written By portal komando on 13 Jul 2017 | 8:26 PM

BANTUL,.Lebih dari seratus petani yang memiliki lahan perkebunan dan pertanian di Desa Selopamioro merasa terbantu dengan adanya pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 yang akan digelar Kodim 0729/Bantul. Terlebih titik utama program tersebut adalah membuka akses jalan dengan membelah gunung yang menghubungkan antara dua dusun, Nawungan dan Kajor.

“Ketika mendengar ada pembukaan akses jalan ini, kami sangat senang. Apalagi akses jalan yang dibuka sepanjang lebih dari 2 kilometer, pastinya akan memudahkan kami mendistribusikan hasil pertanian,” papar Ketua Kelompok Tani Lestari Mulyo Tugimin, kemarin.

Tugimin mengaku selama ini dirinya bersama ratusan petani lain sesama anggota Kelompok Tani Lestari Mulyo memang sering melalui jalan yang menjadi sasaran TMMD. Hal ini dilakukan mengingat lokasi itu merupakan satu-satunya akses jalan terdekat dibanding menggunakan jalan lain yang akan memutar jauh.

Sayang, selama ini kondisi jalan yang dilalui sangat tidak representatif dimana hanya merupakan jalan setapak bertanah. Itu pun kondisinya rusak karena sering dipakai oleh para penikmat motor trill untuk kegiatan trabas mereka.

“Selama ini kalau angkut-angkut hasil pertanian yang di sunggi dan dipukul karena lebarnya juga tidak seberapa. Tapi sepertinya ketika akses jalan ini sudah dibuka, kami tak kesulitan lagi. Tidak lagi nyunggingi tapi bisa diangkut dengan sepeda motor bahkan mobil karena sudah dilebarkan juga,” jelasnya.

Tugimin menyebut di Kelompok Tani-nya ada sekitar 136 petani yang berasal dari dua dusun tersebut. Rata-rata setiap petani memiliki lahan perkebunan dan pertanian yang cukup luas mencapai 4 ribu meter persegi. Sebagian besar hasil bumi yakni kacang tanah, ketela pohon, dan berbagai jenis sayuran, serta cabai dan bawang merah.

“Kami yakin dengan dibukanya akses jalan nanti kawasan di sini bisa berkembang pesat. Potensi ada dan cukup besar karena kami berencana akan mengembangkan sayuran organik juga,” tandas dia.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando