PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Anggota Koramil 08 Lendah Kulon Progo Bantu Petani Bersihkan Saluran Irigasi SAPON.

Anggota Koramil 08 Lendah Kulon Progo Bantu Petani Bersihkan Saluran Irigasi SAPON.

Written By portal komando on 17 Jul 2017 | 3:32 PM

 
PK,.Yogya Barat. Saluran irigasi sangat vital keberadaannya bagi para Petani atau Kelompok Tani dimanapun berada. Di Kabupaten Kulon Progo ada irigasi bernama Sapon, dimana saluran tersebut melintas di tiga Kecamatan yaitu  Lendah, Galur dan Panjatan. Guna membantu pemeliharaan saluran Sapon tersebut, Anggota Koramil 08/Lendah, Kodim 0731/Kulon Progo, dipimpin langsung oleh Kapten Inf Nar Sutrisno Danramil 08/Lendah melaksanakan pembersihan di lingkungan Sapon, bersama sama dengan Instansi terkait. Pembersihan dilaksanakan pada Hari Jum'at (14/7) pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.
 
Pelaksanaan pembersihan dilakukan oleh Camat Lendah beserta Stafnya, Danramil 08/Lendah beserta anggota, Kapolsek Lendah beserta anggota, Kepala Desa Sidorejo beserta warganya dan Mahasiswa UGM, yang berjumlah kurang lebih 100 orang.

Sasaran pembersihan adalah sampah sampah yang ada di saluran irigasi dan lingkungan sekitarnya. Sampah yang sudah terkumpul dibakar agar tidak berserakan kemana mana tertiup angin.   Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan minimal oleh petugas pengairan yang ada di Lendah. Tujuan dari pembersihan ini adalah bentuk partisipasi prajurit anggota Ramil 08, untuk merawat keberadaan irigasi tersebut sekaligus mengantisipasi jangan sampai terjadi sumbatan saluran irigasi apabila air mengalir.

Adanya saluran irigasi Sapon ini sangat bermanfaat bagi para petani khususnya pada saat musim tanam padi. Padi di daerah Lendah, Galur dan Panjatan dapat tumbuh subur sehingga mampu menciptakan swasembada pangan bagi wilayah tersebut dan bahkan dijual ke luar daerah.
 
Danramil 08/Lendah Kapten Inf Nar Sutrisno saat dilokasi mengatakan" Secara pribadi maupun sebagai DanRamil mengajak kepada semua pihak agar untuk bersama sama melakukan pengawasan, perawatan dan pembersihan saluran irigasi Sapon ini agar jangan sampai rusak. Saluran Sapon ini sangat penting bagi irigasi para petani, tanpa irigasi yang baik tanaman padi mereka tidak akan menghasilkan produksi padi yang maksimal dan melimpah. (NSR/ bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando