PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Danlantamal XI Pimpin Langsung SAR Speedboat Tenggelam Di Sekitar Laut Kondo Merauke

Danlantamal XI Pimpin Langsung SAR Speedboat Tenggelam Di Sekitar Laut Kondo Merauke

Written By portal komando on 16 Jul 2017 | 8:36 AM


PK,.MERAUKE,.Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr(Han) terjun langsung memimpin tim SAR Lantamal XI untuk mencari korban speedboat tenggelam di sekitar laut Kondo Merauke. (Sabtu, 15/07/2017).

Rombongan berangkat dari Dermaga Navigasi menuju lokasi pencarian dengan menggunakan KAL Mulga dan Sea Rider 03. Setelah Tim SAR Lantamal XI menyusuri Laut Arafura Merauke sekitar 4 jam sampai suar terluar namun belum berhasil menemukan korban dan hanya menemukan baju pelampung warna orange yang mengambang di alur depan Pantai Lampu Satu.

Sampai saat ini Tim SAR Gabungan Lantamal XI dan Basarnas sudah berhasil menemukan 3 orang dari 10 orang korban speedboat lima gading yang membawa pekerja proyek Posal Torasi dan tenggelam di Perairan Kondo, 1 orang selamat atas nama Mulyadi dan 2 orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia atas nama Wempi Torted (Driver) dan Eko Hari Prasetyo. Korban yang selamat saat ini dalam perawatan medis di UGD RSAL Merauke, mengalami luka bakar 18% (grade 2B) di bagian dada dan perut.

Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr(Han) mengemukakan bahwa Tim SAR akan terus melakukan pencarian korban lainnya secara maksimal. Namun dalam proses pencarian korban terkendala dengan cuaca kondisi di laut yang kurang bersahabat. 

Begitu pula pencarian melalui jalur darat, Tim SAR terkendala dengan kondisi medan karena mobil maupun sepeda motor tidak dapat menembus pantai karena terdapat jembatan rusak yang tidak bisa di lewati mobil sehingga Tim SAR di laksanakan dengan berjalan kaki dengan medan yang dilalui cukup berat yang rata-rata melalui rawa dan jalan berlumpur sehingga Tim SAR tidak mampu meneruskan pencarian hingga pesisir Pantai Kondo terkendala surut air laut yang jauh dan kondisi pantai berlumpur dengan kedalaman sekitar 80 cm.

Lebih lanjut disampaikan bahwa semoga kita diberikan kemudahan dalam proses pencarian ketujuh korban lainnya yang belum ditemukan dan diharapkan kepada keluarga korban untuk terus berdoa dan tetap bersabar.

Turut serta dalam rombongan Tim SAR Lantamal XI yaitu Wakil Komandan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., Asintel Danlantamal XI Kolonel Laut (T) Totok Noriyanto, S.T., Kadispotmar Lantamal XI Letkol Laut (KH) Subarja, S.TP., Ka. Akun Lantamal Xl Mayor Laut (S) Lucky Soebiantoro, S.E, M.Tr. Hanla., Pjs. Dansatkamla Lantamal XI Mayor Laut (P) Dedi Obet, Pjs. Kadisfaslan Lantamal XI Mayor Laut (T) Tri Kairo Suwarsono, S.T., Pjs. Kadispen Lantamal XI Mayor Laut (E) Arsyam Wahid, S.T., M.Tr.Hanla., Pa Ur Kes Rumkit Lantamal XI Letda Laut (K) Sofyan, Pa Ur Set Tim Intel Lantamal XI Letda Laut (E) Pujiono, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Ir. Hj. Harmini, M.Si. (Dispen11).





Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando