PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » *Dukung Ketahanan Pangan, Dansatgas TMMD Turut Panen Padi Jajar Legowo*

*Dukung Ketahanan Pangan, Dansatgas TMMD Turut Panen Padi Jajar Legowo*

Written By portal komando on 16 Jul 2017 | 3:48 PM

BANTUL,.Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas) TNI Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 Kodim 0729/Bantul, Letkol Inf Agus Widianto disela-sela kesibukannya melmimpin jalannya TMMD reguler di Dusun Kajor dan Dusun Nawungan, Selopamioro, Imogiri, Bantul menyempatkan turut hadir mendampingi Bupati Bantul serta Kementrian Pertanian untuk melaksanakan panen raya padi jajar legowo di Kebon Agung, Imogiri.

Hasil panen padi dengan menggunakan sistem jajar legowo terbukti menghasilkan padi yang bagus sehingga diharapkan mampu memotivasi para petani lainnya di wilayah Bantul. Keunggulan dari pola tanam ini adalah peningkatan hasil produksi, karena pola tanam ini berimplikasi pada kemudahan dalam pemberian pupuk dan pengendalian organisme penggangu serta kemampuan dalam menjaga kesuburan tanah karena adanya jarak tanam.

Sementara, Pemerintah Kabupaten Bantul juga mewajibkan penambahan pupuk organik sebagai upaya dalam menjaga kualitas hasil produksi yang aman bagi kesehatan, adanya pola tanam dan pemupukan berimbang serta menggalakkan pertanian pangan yang ramah lingkungan. Harapannya melalui berbagai inovasi yang kami galakkan ini dapat berkontribusi secara positif terhadap peningkatan hasil produksi pertanian khususnya padi di Kabupaten Bantul.

”Saya berharap ke depan petani dapat terus berinovasi mengembangkan budidaya pertanian guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. Berkaitan dengan hal ini, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, diharapkan dapat terus memotivasi petani agar semakin inovatif dan bisa memanfaatkan tekhnologi tepat guna dalam upaya meningkatkan produktifitas pertanian,” papar Bupati Bantul.

Sedangkan, Dansatgas TMMD Kodim Bantul menegaskan, sejak awal hingga saat ini TNI selalu mendukung para petani di tiap-tiap kelompok petani dalam meningkatkan pertaniannya. Melalui para Bintara Pembina Desa (Babinsa) di masing-masing Koramil diterjunkan untuk memberikan pendampingan kepada petani.

“TNI senantiasa mendukung petani dalam meningkatkan hasil panen yang bagus. Hal tersebut sebagai upaya wujud dukungan TNI terhadap pemerintah terkait program ketahanan pangan,” kata Letkol Agus.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando