PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Kadiskual Buka Rekonsialisasi Internal Di Koarmatim

Kadiskual Buka Rekonsialisasi Internal Di Koarmatim

Written By portal komando on 17 Jul 2017 | 4:24 PM

PK,.Surabaya, 17 Juli 2017 ,.Kepala Dinas Keuangan TNI Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Djoko Erwan Prihatmoko, M. Tr. (Han)., membuka kegiatan Rekonsiliasi Internal Badan Keuangan, Badan Perencanaan dan Badan Logistik dalam rangka penyusunan laporan keuangan Semester I Tahun 2017, bertempat di Pusat Latihan Kapal Perang Kolatarmatim, Ujung Surabaya. Senin, (17/07/2017).

Kadiskual dalam amanatnya menyampaikan, Rekonsiliasi Internal Semester I Ta. 2017 dalam rangka meningkatkan kualitas penyajian laporan keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 8 tahun tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah, setiap entitansi pelaporan dan entitas akuntansi, wajib menyelenggarakan sistem pengendalian intern, sistem pengendalian intern yang dimaksud mencakup antara lain proses rekonsiliasi antara transaksi keuangan.
 
“Rekonsiliasi sendiri merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem/susbsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama di lingkungan kemhan dan TNI. Pelaksanaan rekonsiliasi diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia nomor 18 tahun 2015, dimana pelaksanaan rekonsiliasi terdiri dari rekonsiliasi internal dan eksternal”, ujar Kadiskual.


Lanjutnya, penyelenggaraan rekonsiliasi yang akan dilaksanakan saat ini adalah rekonsiliasi internal berkaitan dengan realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara yang bersumber dari Dipa Pusat maupun Dipa Daerah, hal ini dimaksudkan antara lain sebagai upaya menindak lanjuti temuan BPK RI terhadap laporan keuangan UO TNI AL Ta. 2016 audited khususnya terhadap sistem pengendalian internal.

Rekonsiliasi internal semester I Ta. 2017 di mulai hari ini tanggal 17 juli 2017 sampai dengan tanggal 18 juli 2017, dengan peserta jajaran wilayah Koarmatim, Kodiklatal, Lantamal V, Lantamal VII serta sebagian Satker wilayah Kupus.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando