PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » KODIM 0703/CILACAP, DINAS PERTANIAN GELAR RAPAT UPSUS GUNA KEJAR TARGET

KODIM 0703/CILACAP, DINAS PERTANIAN GELAR RAPAT UPSUS GUNA KEJAR TARGET

Written By portal komando on 29 Jul 2017 | 12:59 PM

Cilacap - Dalam rangka meningkatkan pencapaian target Upaya khusus (UPSUS) pada bulan Juli 2017, Kodim 0703/Cilacap bersama Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, menggelar Rakor Upsus Prokja VI dengan instansi terkait lainnya betlangsung di Hotel Fave, jalan Budi Utomo Cilacap, Jumat (28/07).

Rakor Upsus ini dihadiri oleh penanggung jawab Upsus Pokja VI sekaligus Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, jurusan penyuluhan pertanian yogyakarta Ir. Ali Rachman, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Cilacap Ir. H. Gunawan MM, Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Rofiq Alfian, Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf. Joko Yunanto, wakil dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah Indit Prasetyo Aji, Kepala Bidang TP Dinas Pertanian Cilacap Ermawati S.P, MP serta perwakilan bidang pertanian dari Kecamatan se-Kabupaten Cilacap. 

Rakor ini digelar guna mengevaluasi hasil pencapaian target upsus yang selama ini sudah dilakukan serta mensinergikan semua pihak untuk meningkatkan hasil panen, ataupun target upsus khususnya pada bulan Juli 2017." Papar Kepala Dinas Pertanian Cilacap ir. H. Gunawan, MM.

Sementara itu, Penanggung Jawab Upsus Pokja VI Ir. Ali Rachman, M.Si. juga mengevaluasi hasil pencapaian upsus pada bulan juli ini. Menurutnya, masih ada sisa waktu untuk memenuhi target yang harus dicapai pada bulan ini. 
 
" Pencapaian upsus pada bulan ini jangan sampai menurun, Kodim 0703/Cilacap bersama Dinas Pertanian mempunyai tugas untuk kejar target tersebut." Ungkapnya.

Dandim 0703/Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf. Rofiq Alfian mengemukakan, bahwa Kodim 0703/Cilacap selama ini melalui para Babinsanya sudah melakukan berbagai upaya dilapangan. Dengan keterbatasan yang ada kami berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung program pemerintah dalam hal Swasembada Pangan. 

"Upaya kita yang sekarang ini dilakukan adalah mengajak para petani agar jangan puas dengan hasil panennya, dan diharapkan jangan ada sejengkal tanahpun yang menganggur." tandas Mayor Inf. Rofiq Alfian.

Ia menilai bahwa dalam rangka meningkatkan upsus perlu dilakukan pemetaan wilayah yaitu, wilayah Koramil mana yang harus ditargetkan karena selain potensi wilayah, kendala cuaca, iklim serta pengairan menjadi faktor utama dalam meningkatkan hasil panen.
 
"Unsur TNI akan selalu siap dan akan semaksimal mungkin namun harapannya pada rapat ini ada masukan guna pencapaian target hasil panen." imbuhnya. 

Kabid TP Dinas Pertanian Cilacap Ermawati S.P, MP bersama wakil Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah Indit Prasetyo Aji, memaparkan hasil evaluasi LTT per Kecamatan, dimana realisasi LTT pada bulan April - Juni adalah 46.128 Hektare,  LTT Juni-Juli adalah 3.651 Hektare, sedangkan target pusat 4.363 Hektar.

Sehingga diharapkan ada beberapa wilayah yang perlu diperluas yaitu diantaranya Kecamatan Wanareja, Kawunganten, Nusawungu. Selain itu, ini juga didasarkan dengan hasil rapat Upsus pada tanggal 27 Juli di Hotel Ciputra Semarang, dimana target LTT padi bulan Agustus  mencapai 13.800 Hektare." Paparnya. (Pendim0703Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando