PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » KODIM 0703/CILACAP IKUTI UPACARA HARI ANTI NARKOBA 2017

KODIM 0703/CILACAP IKUTI UPACARA HARI ANTI NARKOBA 2017

Written By portal komando on 13 Jul 2017 | 6:54 PM

PK,.Cilacap - 1 Pleton anggota Kodim 0703/Cilacap ikut melaksanakan Upacara Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang dilaksanakan di halaman Pendopo Wijaya Kusuma Cakti, Kabupaten Cilacap, Kamis (13/7).

Upacara HUT Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) kali ini dengan mengusung tema “Peran Aktif dan Pendayagunaan Seluruh Komponen dan Potensi Bangsa dalam Menghadapi Keadaan Darurat Narkoba Menuju Indonesia yang Sehat" yang dikuti oleh peserta upacara, Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap, Polres Cilacap, unsur pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap, Mahasiswa serta DPC Granat Cilacap.

Bertindak sebagai pemimpin pada Upacara HUT Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Bupati Cilacap H. Tato Suwarto Pamuji. Pada sambutan tertulis Menkopolhukam yang dibacakan H.Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan ." Kejahatan narkotika sebagai kejahatan luar biasa, terorganisir dan bersifat lintas Negara telah mengarah terjadinya beberapa kejahatan lain misalnya terorisme, perdagangan orang dan lain-lain yang harus diatasi secara serius dan bisa digunakan sebagai salah satu senjata dalam Proxy War untuk melumpuhkan kekuatan bangsa, sehingga harus diberantas dan ditangani dengan pendekatan seimbang antara pengurangan pasokan dan pengurangan permintaan. 

Saya ingatkan, Indonesia sampai dengan saat ini masih dalam kondisi Darurat Narkoba sehingga merupakan tanggung jawab kita semua untuk saling melindungi bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab BNN. 

Saat ini beredar zat psikoaktif baru yang berbahaya dan termasuk narkotika, menurut UNODC ditemukan 644 zat, sedangkan data dari Tiongkok ditemukan 800 zat, di Indonesia zat psikoaktif baru yang teridentifikasi berjumlah 65 zat dan di dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika baru diatur sebanyak 43 jenis. 

Pencegahan merupakan langkah yang efektif untuk membangun kesadaran setiap individu untuk tidak memulai menyalahgunakan narkotika dan tidak ikut dalam jaringan peredaran gelap narkotika karena hukumannya sangat berat. Sehingga tepat apabila dikatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Pemberantasan dan rehabilitasi perlu dilaksanakan secara sinergi untuk memutus jaringan bisnis bandar narkoba, memiskinkan bandar narkoba dan memulihkan Pecandu agar dapat meneruskan cita-citanya yang terenggut akibat penyalahgunaan narkotika. 
Tampak hadir saat itu, Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap Mayor Inf. Rofiq Alfian, Unsur Forkompinda Kabupaten Cilacap, para OPD pemerintah Kabupaten Cilacap, Kepala Lapas dan Ketua DPC Granat Cilacap Nolly Sudrajat
. (Sty - Pendim0703Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando