Home » » Sadar Hukum, Prajurit Kodam Pattimura Terima Penyuluhan

Sadar Hukum, Prajurit Kodam Pattimura Terima Penyuluhan

Written By portal komando on 19 Jul 2017 | 1:18 PM

Ambon (19/6), Waka Kumdam XVI/Pattimura, Letkol Chk Mulus Budianto, SH didampingi Lettu Chk E. Nur Cahyo, SH, Paurminperslog mewakili Kakumdam memberikan penyuluhan hukum kepada prajurit Kodam XVI/Pattimura bertempat di Aula Makodam XVI/Pattimura.

Dalam sambutannya, Waka Kumdam menyampaikan bahwa materi yang akan disampaikan berupa kekerasan dalam rumah tangga (UU No 23 tahun 2004), Desersi/tidak hadir tanpa ijin (THTI), penganiayaan (pasal 351 KUHP) dan Narkotika/Psikotropika.

Lebih lanjut dikatakan, "KDRT adalah setiap perbuatan terhadap seseorang, terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga," ujarnya”.

Pada sesi kedua penyuluhan hukum tentang Asusila, THTI, Desersi dan Narkoba, diijelaskan bahwa pelanggaran-pelanggaran yang rentan dilakukan oleh Prajurit dan PNS, antara lain : Asusila, THTI, Desersi dan Narkoba. Hal ini disebabkan karena lemahnya pengetahuan agama, kodisi kejiwaan, keadaan rumah tangga/keluarga, gaya hidup dan kondisi ekonomi.

Selanjutnya untuk skorsing tetap diberikan kepada prajurit yang melakukan pelanggaran. Kenapa harus diberikan kepada prajurit? Karena memberikan kesempatan kepada prajurit yang dalam proses hukum agar tetap fokus untuk mengikuti proses hukum hingga selesai. “Jadi prajurit sementara dibebaskan tugas-tugas yang diembannya untuk konsentrasi dan fokus menyelesaikan proses hukum yang sedang dijalaninya”, tegasnya.

Seluruh prajurit diharapkan untuk mendengarkan dan menyimak materi yang akan disampaikan karena sangat penting bagi prajurit. Tujuan diadakan kegiatan ini agar prajurit Kodam XVI/Pattimura sadar akan hukum yang berlaku dan tidak melakukan tindak pidana terutama narkotika/psikotropika sehingga prajurit Kodam XVI/Pattimura dapat menjadi contoh sebagai prajurit yang baik.(Pendam16)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando