KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » TMMD Reguler Kodim Bantul, Kebersamaan TNI-Rakyat Bukan Isapan Jempol

TMMD Reguler Kodim Bantul, Kebersamaan TNI-Rakyat Bukan Isapan Jempol

Written By portal komando on 14 Jul 2017 | 10:54 AM

BANTUL,.Kebersamaan sekaligus kemanunggulan TNI dengan rakyat memang menjadi kekuatan bangsa ini. Keharmonisan tersebut juga telah menjadi salah satu pilar untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan merupakan suatu kekuatan yang sangat dahsyat dalam upaya mempertahankan keutuhan NKRI.

Peran rakyat tidak dapat kita lepaskan dari sejarah pembentukan TNI, tentu tidak bisa kita lupakan begitu saja bahwa TNI berasal dari rakyat, untuk rakyat dan berjuang bersama-sama dengan rakyat. 

Sebagai salah satu sarana menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat, perlu dibentuk suatu kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama antara TNI dan rakyat serta seluruh komponen masyarakat lainnya. Salah satu program untuk mewujudkan semua itu adalah program TMMD yang dilaksanakan secara serentak diseluruh pelosok nusantara mulai dari Sabang sampai Merauke serta dilaksanakan secara berkesinambungan.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama kementerian/lembaga non kementerian, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah.

Kegiatan TMMD sudah menjadi program prioritas pemerintah yang melibatkan TNI, Polri dan instansi terkait lainnya, mengingat kegiatan TMMD selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dimana untuk mendukung keberhasilan program tersebut dibutuhkan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat guna memelihara kemitraan, kemandirian serta menuju kearah perubahan sikap, kemajuan wilayah dan taraf hidup masyarakat. 

Melalui TMMD terlihat nyata kebersamaan antara TNI dengan rakyat. Masyarakat berbaur dan bahu-membahu bersama TNI.

Seperti yang nampak pada kegiataan TMMD Reguler di Dusun Kajor, Sekopamioro, Imogiri Bantul. Kegiatan yang dikomandi Kodim 0729/Bantul benar-benar menjadi bukti kemanunggalan TNI-Rakyat bukanlah isapan jempol belaka.  

Masyarakat tanpa diminta justru melibatkan diri dalam pembuatan akses jalan. Demikian pula ketika dilakukan rehab rumah. Warga berduyun-duyun membantu prajurit TNI. Bergotong-royong.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando