Home » » TNI AU Gandeng Kemendikbud Bangun Pendidikan Berkualitas

TNI AU Gandeng Kemendikbud Bangun Pendidikan Berkualitas

Written By portal komando on 27 Jul 2017 | 3:15 PM


Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP dan Mendikbud Prof. Dr. Muhajir Effendy, MAP menandatangani MOU TNI – Kemendikbud di Mabesau, Cilangkap, Jakarta (Foto : Dispenau/2017).

PK,.Mabesau, Cilangkap (27/7). TNI AU dan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud) sepakat akan mengembangkan pendidikan formal berkualitas untuk sekolah-sekolah yang ada di bawah Yayasan PIA Ardhya Garini (Yasarini). Tingkatan pendidikan yang akan dikembangkan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah (SMP – SMA/SMK). Kesepakatan itu tertuang dalam Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum Of Understanding – MOU) antara TNI AU dan Kemebdikbud.

Penandatangan naskah MOU dilakukan bersama, TNI AU oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr Muhajir Effendi, MAP, di Mabesau, Cilangkap, Jakarta, Kamis (27/7). Ikut menyaksikan penandatanganan MOU dari TNI AU, para pejabat teras Mabesau dan Ketua Umum Yasarini Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, sementara dari Kemendikbud ikut hadir Inspektur dan Dirjen Pendidikan dasar & menengah serta para Direktur.

Dalam amanatnya, Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP menyatakan salah satu upaya agar dapat mengikuti perkembangan kemajuan Iptek yang menjadi permasalahan dan tantangan bangsa kedepan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia dan masyarakat melalui pendidikan. Untuk itu, TNI AU yang saat ini mengelola ratusan pendidikan formal mulai dari PAUD hingga Sekolah Menengah yang tersebar di berbagai Pangkalan TNI AU (Lanud) di Indonesia memandang perlu melakukan inovasi untuk menghasilkan hasil didik yang berkualitas.

“Pendidikan formal yang ada di TNI AU cukup banyak, akan kita design untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi alamiah serta kecerdasan yang ada pada siswa. Untuk itulah, hari ini kita kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia guna menyiapkan generasi penerus bangsa melalui program pendidikan formal yang ada dilingkungan TNI Angkatan Udara” jelas Kasau.

Sementara Mendikbud Prof. Dr Muhajir Effendi, MAP. dalam sambutannya mengatakan, tujuan nota kesepahaman ini untuk mendukung penyelenggaraan dan pengembangan program pendidikan anak usia dini guna mewujudkan perluasan dan kesempatan pendidikan yang bermutu bagi seluruh anak Indonesia, hingga pelosok dan perbatasan untuk kemajuan khususnya prioritas daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan).

Selain itu juga ditekankan nilai-nilai kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan yang diwujudkan dalam keterpaduan dari prestasi akademik, kesamaptaan jasmani dan kemandirian, sehingga menjadi intelektual sejati yang memiliki kelebihan dalam diri dan kepribadiannya” jelas Kasau.

Sebagai proptotipe, beberapa waktu lalu, TNI AU telah membangun Sekolah Menengah Atas (SMA) “Pradita Dirgantara” di Lanud Adisumarmo Solo Sekolah yang berada di bawah Yasarini dan mendapat pendampingan dari UNS Surakarta ini, nantinya akan dikembangkan menjadi sekolah berbasis ketarunaan dengan sistem boarding School atau sekolah ber-asrama.



Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando