KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » AMANAT KASAD DIBACAKAN KASDIM CILACAP PADA UPACARA PERINGATAN HUT RI KE 72

AMANAT KASAD DIBACAKAN KASDIM CILACAP PADA UPACARA PERINGATAN HUT RI KE 72

Written By portal komando on 18 Agt 2017 | 8:43 AM

PK,.Cilacap - Pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 yang digelar Kodim 0703/Cilacap, amanat Kepala Staf Angkatan Darat dibacakan Inspektur Upacara dihadapkan seluruh Prajurit dan PNS kirim 0703/Cilacap dan jabatannya bertempat di halaman Makodim 0703/Cilacap Jalan Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap, Kamis (17/08).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf.Ahmad Rofiq Alfian,  membacakan amanat KASAD. 
 
Dalam amanatnya, KASAD mengajak seluruh Prajurit dan PNS TNI AD agar senantiasa memanjatkan puji syukur atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat melaksanakan Upacara hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017 serta dianugerahi kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam kondisi sesulit apapun. Tentunya hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari terpeliharanya moril dan semangat pengabdian seluruh Prajurit dan PNS TNI AD. 

Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan bentuk rasa syukur Bangsa Indonesia atas karunia kemerdekaan kepada Tuhan YME. Untuk itu tidaklah berlebihan apabila peringatan Kemerdekaan ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan dengan iringan doa semoga para kusuma bangsa ditempatkan dengan penuh kemuliaan disisi-Nya. 

Di awal tahun 2017, kita baru saja menghadapi dan melewati situasi yang cukup sulit yaitu pelaksanaan Pilkada Serentak yang dilaksanakan diberbagai wilayah. Dari gejolak yang mengiringi penyelenggaraan Pilkada, kita dapat memetik pelajaran bahwa ancaman terhadap Bangsa dan Negara menjadi semakin kompleks yang sulit diidentifikasi. Selain itu juga dengan adanya ancaman perkembangan terorisme dan gerakan radikal kanan/kiri, anarkisme, tawuran antar kelompok, penyalahgunaan narkoba serta penyebaran pornografi dan seks bebas. Ancaman lainnya yang lebih sulit dilihat dan dirasakan namun potensi daya hancurnya lebih hebat yaitu ancaman informasi. 

Secara umum masyarakat Indonesia sudah menyadari bahwa ancaman terhadap Kedaulatan negara tidak lepas dari semakin hilangnya nilai-nilai Pancasila sehingga semangat persatuan dan kesatuan dan nilai-nilai musyawarah untuk mufakat semakin memudar dan perhatikan oleh ego sektoral serta intoleransi yang semakin menguat. Oleh karena itu dalam amanatnya, Kasad  mengingatkan bahwa salahvsatu jati diri kita adalah Tentara Nasional yang harus mengedepankan kepentingan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, pelihara dan tingkatkan kepekaan terhadap dinamika sosial yang berkembang, pertajam naluri Intelijen dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap berbagai potensi ancaman. 

Menghadapi ancaman yang semakin kompleks dan multidimensional, rasanya penting untuk mengingat konsep yang menempatkan TNI AD sebagai Stabilisator dan Dinamisator kehidupan masyarakat. Sebagai instansi yang masih dipercaya publik, TNI AD harus selalu hadir sebagai solusi dalam menjaga Imunitas Bangsa yaitu kekebalan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia dalam mempertahankan Keutuhan dan Kedaulatan NKRI. (Pendim0703/Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando