KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Asisten Operasi Danlantamal V Hadiri Pembukaan Latihan Bersama SEA GARUDA19 AB-17

Asisten Operasi Danlantamal V Hadiri Pembukaan Latihan Bersama SEA GARUDA19 AB-17

Written By portal komando on 2 Agt 2017 | 2:00 PM



Lantamal V (2/8),--- Asisten Operasi Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Asops Danlantamal) V Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W., S.H. mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., menghadiri upacara pembukaan Latihan Bersama SEA GARUDA 19 AB-17 TNI AL dengan AL Kerajaan Thailand yang digelar di Puslatkaprang Kolat Koarmatim, Ujung Surabaya, Rabu (2/8).
 
Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Asisten Operasi Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Kolonel Laut (P) Ariyantyo Condrowibowo yang mewakili Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.AP. selaku direktur Latihan.
 
Latihan bersama tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 1-11 Agustus yang melibatkan dua kapal perang TNI AL yakni KRI Diponegoro365 dan KRI Hasanuddin-366 serta unsur Helikopter jenis BO-105 dan CN-235 MPA dari Puspenerbal. Sedangkan Angkatan Laut Kerajaan Thailand akan melibatkan dua kapal perang jenis Corvette yakni HTMS Khirirat-432 dan HTMS Shukotai-442.
 
Maksud dilaksanakannya latihan bersama ini adalah untuk membangun kerjasama TNI AL dengan Royal Thai Navy dalam penegakan hukum terhadap penyelundupan, kejahatan transnasional dan terorisme di laut.
 
Kedua Angkatan Laut tersebut sepakat untuk menguji unit Angkatan Laut mereka untuk menanggapi kecenderungan terorisme saat dilaut dengan melakukan Maritime Interdiction Operation (MIO).
 
Dalam Latihan tersebut, TNI AL telah menunjuk Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara, S.E., M.Si, Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) sebagai Commander Task Group (CTG) dan Chief of Staff Frigatte Squadron 1 Capt. Surasak Pratanvorapanya (Deputy Commander Task Group) serta melibatkan lebih dari 500 personel TNI AL dan RTN termasuk unsur Angkatan Laut masing-masing negara.
 
Dengan terlaksananya latihan bersama ini diharapkan agar TNI AL juga RTN hubungannya semakin erat serta siap dan mampu bekerjasama dalam tugas melawan ancaman maritim.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Asrena Armatim, Dansatpaska Armatim dan seluruh perwira armatim yang terlibat dalam latihan bersama.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando