KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Aster Kasdam I/Bukit Barisan : Mahasiswa Harus Memiliki Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara

Aster Kasdam I/Bukit Barisan : Mahasiswa Harus Memiliki Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara

Written By portal komando on 24 Agt 2017 | 3:59 PM



PK,.MEDAN,.Pembinaan kasadaran bela Negara kepada Mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara (USU) yang dihadiri 7.795 orang dalam rangka membentuk karakter Kesadaran dalam Bela Negara, yang dibuka Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf Nursamsudin, pada Kamis, 24 Agustus 2017 di Gedung Olahraga USU Jalan Dr. T. Mansur No. 9 Padang Bulan, Medan.

Pada acara pembinaan kesadaran bela Negara dalam sambutan Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri yang dibacakan Aster Kasdam I/BB menyampaikan Negara Indonesia adalah Negara yang besar, kita dapat melihat dari keanekaragaman bangsa indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku bangsa, agama, dan adat istiadat yang merupakan potensi budaya yang dapat mewarnai peradaban dunia dan kesejajaran dengan bangsa-bangsa lainnya, yang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang patut kita syukuri. 
 
Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban seperti yang terdapat dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3 yang berbunyi “Setiap warga Negara berhak dan wajib turut serta dalam upaya pembelaan Negara”, selanjutnya, pada pasal 30 ayat (1) menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha Pertahanan dan Keamanan Negara.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan mahasiswa merupakan generasi penerus yang harus memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara serta memiliki kesadaran Bela Negara, kemudian harus menjadi pelopor dalam pembangunan, raih prestasi dalam pedidikan. Selanjutnya, pembinaan kesadaran Bela Negara bertujuan untuk membentuk warga negara yang berkarakter dan memiliki kesadaran Bela Negara, sehingga dapat mengimplementasikan nilai-nilai bela negara sebagai landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dalam acara tersebut dihadir Rektor USU Prof. Dr. Runtung, S.H., M.Hum. beserta staf dan seluruh Civitas Akademika Universitas Sumatera Utara.

Pada kesempatan sama Rektor USU Prof. Dr. Runtung, S.H., M.Hum mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Pangdam I/BB melalui Aster Kasdam I/BB atas partisipasinya dalam membentuk karakter para Mahasiswa baru USU Tahun Akademik 2017/2018, dengan harapan agar mereka nantinya menjadi pemimpin yang berwawasan kebangsaan dan mempunyai disiplin yang tinggi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando