KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Babinsa Desa Kemuningsari Kerja Bakti Bersama Petani Normalisasi Saluran Irigasi.

Babinsa Desa Kemuningsari Kerja Bakti Bersama Petani Normalisasi Saluran Irigasi.

Written By portal komando on 26 Agt 2017 | 4:25 PM

Jember. Dalam jangka sekitar waktu 2 bulan ini cuaca relatif panas dan curah hujan tidak ada yang menandakan adanya musim kemarau di Kabupaten Jember, sehingga petani yang tergabung pada Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) mulai mengatur penggunaan air agar lebih efektif dan berdaya guna.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Kemuningsari Kec. Jenggawah pada Sabtu 26/08/2017 Pukul 08.00 Wib yang sedang mengadakan kerja bakti pembersihan saluran air irigasi di Dsn Raseh Ds Kemuningsari guna memperlancar debit air menuju pematang sawah petani.

Sasaran kerja bakti pembersihan saluran air sepanjang 500 meter, personil yang terlibat diantaranya Babinsa Koptu Didik Eko P, Ketua HIPPA Sunaryo, PPL, Kepala Dusun Hudi P dan masyarakat petani 47 orang dan kerja bakti tersebut guna melancarkan saluran air yang mengairi sekitar 465 hektar sawah petani.

Ketua HIPPA Sunaryo saat dikonfirmasi menyampaikan terima kasih atas dukungan Pak Babinsa, kami memang yang memiliki rencana tersebut, namun tanpa bantuan Babinsa yabg mengkomunikasikan kepada Kepala Desa dan Dusun tentunya tidak dapat terlaksana dengan kompak seperti ini, apalagi Pak Babinsa mau ikut kerja bakti, sekali lagi saya sampaikan tsrima kasih atas pendampingannya selama ini.

Komamdan Koramil 0824/25 Jenggawah Kapten Inf Ismianto dalam konfirmasinya menjelaskan bahwa petani memang mulai mengatur penggunaan air irigas agar dapat bermanfaat secara merata sehingga tidak berebut, dengan kondisi saluran yang bersih tentunya dapat menormalisir fungsi saluran tersebut lebih optimal.

Dandim 0824 Letkol Inf Rudianto dalam konfirmasinya menegaskan memang kalau berbicara masalah pertanian tidak akan lepas dari sarana dan prasarana pendukungnya untuk itu saya sangat apresiasi dengan langkah yang dilakukan oleh petani Ds Kemuningsari tersebut.

Terkait dengan pelibatan anggota Babinsa memang sudah selayaknya turut memotivasi petani, turut membantu petani dalam rangka pendampingan program ketahanan pangan, semoga musim kemarau ini tidak terlalu mengganggu produksi pertanian dan semoga irigasi pertanian selalu lancar. (sis24)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando