KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Bersama Indonesia Maritim Challange Komandan Lanal Batuporon Tanam Terumbu Karang

Bersama Indonesia Maritim Challange Komandan Lanal Batuporon Tanam Terumbu Karang

Written By portal komando on 16 Agt 2017 | 5:57 PM


Lantamal V (16/8),--- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Batuporon Lantamal V Letkol Marinir Ena Sulaksana, S.E. bersama peserta Indonesia Maritim Challange 2017 melaksanakan penanaman terumbu karang di perairan Sembilan Desa Bringsang Kecamtan Gili Genteng Kabupaten Sumenep Rabu, (16/8)
 
Aksi penanaman terumbu karang yang dilakukan ini melibatkan tim TNI AL, Tim dari IMC 2017 dan juga masyakat sekitar. Jenis karang yang ditanam adalah Sarcophyton sp dan Nepthea sp, yaitu jenis karang lunak yang mempunyai laju pertumbuhan sangat cepat dan sebelumnya sudah ada di kawasan Pulau Gili genting Kabupaten Sumenep.
 
Danlanal Batuporon disela-sela penanaman terumbu karang menyampaikan “Kita sebagai masyarakat Indonesia harus bangga dan bersyukur karena tidak semua laut memiliki terumbu karang yang indah di dalamnya seperti laut Indonesia, terumbu karang harus dijaga karena menjadi rumah untuk ikan”, ujarnya.
 
Ia berharap, dengan penanaman terumbu karang tersebut, natinya akan berpengaruh kepada penghasilan masyarakat nelayan yang tinggal disekitar kawasan Pulau Gili genting Kabupaten Sumenep. Semoga dengan dilaksanakannya penanaman terumbu karang ini, kelak bisa menambah penghasilan warga masyarakat yang ada disekitar sini, karena terumbu karang merupakan rumah bagi ikan-ikan di laut.
 
Mantan Komandan Batalyon 8 Marinir ini juga menjalaskan bahwa dampak (keberadaan terumbu karang) bagi manusia akan tinggi sekali, salah satunya untuk perputaran perekonomian di masyarakat. Pertama adalah untuk daya tarik (wisata). Kalau ada ikan dan terumbu karang ditambah dengan pantai yang bersih pasti akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata. Selain itu, (terumbu karang) juga menunjang berbagai bisnis terutama restoran dan sangat berguna untuk mengurangi abrasi..
 
“Konservasi saat ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi juga tanggung jawab kita bersama. Karena itu siapapun yang bekerja untuk mendukung upaya ini akan kita dorong,” tegasnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando