PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Gateball Hadir di Kalangan Ibu-Ibu PIA AG Lanud Atang Sendjaja

Gateball Hadir di Kalangan Ibu-Ibu PIA AG Lanud Atang Sendjaja

Written By portal komando on 2 Agt 2017 | 8:10 PM



Keterangan gambar: Danlanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., Ketua PIA AG Cabang 3/Daerah I Lanud Ats, Ny. Irwan Is. Dunggio, Danwing 4 beserta istri Ny. Hendro Arief, foto bersama dengan Sekjen Pergatsi, Bpk. Puja Sanedi dan tim gateball PIA AG. Bakorcab Bogor sesaat setelah latihan gateball, Rabu (2/8)

Lanud Atang Sendjaja, Rabu (2/8) Gateball adalah olahraga yang menggunakan pemukul (stick), ditemukan pertama kali oleh Eiji Suzuki yang berasal dari sebuah kota kecil bernama Memuro di Jepang pada tahun 1947. Masuk ke Indonesia pada tahun 1995 yang ditandai dengan berdirinya Persatuan Olahraga Gatebal Bali. Gateball dapat dimainkan oleh segala janis usia dan juga semua gender, baik pria maupun wanita, juga bersama keluarga atau teman, dimainkan oleh 2 (dua) tim yang saling berhadapan.

Setiap tim terdiri dari 5 pemain, dengan 5 bola, bola merah bernomor ganjil dan bola putih bernomor genap. Setiap pemain masing-masing memiliki 1 bola yang telah ditentukan. Gatebal dapat dimainkan di lapangan terbuka berumput atau lapangan tertutup dengan rumput sintetis, tidak ada rintangan (sampah, batu, dll), datar persegi panjang dengan ukuran rata-rata 15 x 20 m.

Belakang ini gateball menjadi salah satu jenis olahraga yang dipelajari, digemari dan dikembangkan di lingkungan TNI Angkatan Udara, karena dari tujuan dan dampak yang diperoleh sangat lekat dengan pola-pola kepemimpinan TNI. Tujuan olahraga gateball adalah selain untuk memperoleh kesegaran jasmani, juga untuk melatih kerjasama, kepemimpinan, pengendalian diri, dan konsentrasi. Hal tersebut sangat dimungkinkan, karena dalam setiap permainan, tiap regu terdiri dari 5 orang pemain dengan satu orang pemimpin (kapten) yang berfungsi mengatur strategi, dan setiap anggota tim wajib mematuhi instruksi sang pemimpin agar dapat memenangkan pertandingan.

Di Lanud Atang Sendjaja, permainan ini pertama kali diperkenalkan oleh Komadan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., kepada seluruh perwira pada Minggu yang lalu, Rabu (26/7). “Permainan ini saya perkenalkan agar dapat memotivasi anggota Lanud Ats supaya gemar berolahraga,” terang Danlanud Ats ketika memperkenalkan permainan gateball tersebut.

Pengenalan gateball tersebut rupanya menarik perhatian Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/Daerah I Lanud Atang Sendjaja, Ny. Irwan Is. Dunggio sehingga melahirkan keinginan untuk dapat dilatihkan kepada ibu-ibu PIA. Oleh sebab itu, dengan diprakarsai Danlanud Ats, Tim Pergatsi yang dipimpin oleh Sekjen Pergatsi, Bapak Puja Sanedi, menggandeng tim Chili Hut dari Pondok Cabe, Rabu (2/8), hadir di Lanud Ats untuk melatih ibu-ibu PIA Ardhya Garini Bakorcab Bogor bermain gateball, bertempat di lapangan Markas Komando (Mako) Lanud Ats.

Sebelum pelaksanaan latihan, Sekjen Pergatsi, Bapak Puja Sanedi, memberikan penjelasan singkat dan aplikatif tentang permainan gateball kepada ibu-ibu PIA AG Bakorcab Bogor. “Harapan saya, permainan gateball ini dapat dikembangkan di Lanud Ats, baik oleh ibu-ibu PIA, maupun oleh anggota binjaskemil Lanud Ats,” ungkap Sekjen Pergatsi.

Melihat prospek dari permainan gateball dan disukai oleh ibu-ibu PIA AG Bakorcab Bogor karena sangat seru dan buat hati senang, maka permainan gateball telah diprogramkan untuk diperlombakan di kalangan ibu-ibu PIA. “Ya, dalam rangka HUT PIA Ardhya Garini tahun 2017, permainan gateball ini akan kita jadikan salah satu jenis perlombaan yang akan dilombakan antar PIA AG Bakorcab Bogor, diantaranya PIA AG Cab. 3/Daerah I Lanud Ats, PIA AG Cab. 6/G.II Wingdikum, dan PIA AG Cab.6/G.IV Satbravo 90 Paskhas, serta PIA AG Anak Ranting 001-03-2/G. IV Kipan C 467 Bogor,” kata Ketua PIA AG Cabang 3/Daerah I Lanud Ats, Ny. Irwan Is. Dunggio di sela-sela latihan gateball. “Ini sudah masuk dalam program panitia HUT PIA Ardhya Garini di lingkungan Bakorcab Bogor tahun 2017 yang diketuai oleh Ny. Dodi Irawan, Ketua PIA AG Cab.6/G.IV Satbravo 90 Paskhas,” pungkas Ny. Irwan Is. Dunggio.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando