KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Joint Training Cadet ROTC US Army Dengan Prajurit Dan Taruna AAL

Joint Training Cadet ROTC US Army Dengan Prajurit Dan Taruna AAL

Written By portal komando on 1 Agt 2017 | 4:00 PM


PK,.Surabaya, 01 Agustus 2017,- Dalam rangka pembinaan kesamaptaan jasmani personelnya sekaligus turut memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Akademi Angkatan Laut (AAL) menyelenggarakan lomba ketangkasan Halang Rintang Mini di lapangan Banda, Mako Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya (1/8).
 
Lomba diikuti 18 Satuan Kerja (Satker) jajaran Akademi Angkatan Laut dengan mengirimkan satu Tim yang beranggotakan tiga orang, terdiri dari satu Perwira Menengah (Pamen) dan dua orang lainnya boleh Perwira Pertama (Pama), Bintara atau Tamtama.
 
Setiap orang dari tiap-tiap Tim harus bisa melalui sebanyak 10 macam halang rintang dengan benar dan cepat. Jika ia telah dapat melalui satu halang rintang namun tidak benar, maka personel tersebut harus mengulangi lagi. Uji rintangan itu meliputi uji kekuatan kaki, kekuatan lengan, kekuatan lengan dan perut, kekuatan tungkai, kelincahan, fleksibilitas dan daya tahan.
 
Menariknya, dalam lomba ini juga melibatkan Cadet The Reserve Officers' Training Corps (ROTC) US Army yang saat ini tengah berkunjung di Akademi Angkatan Laut. Para Cadet ROTC US Army ini bersaing keras dengan ketangkasan para Taruna AAL disela-sela lomba ketangkasan personel anggota tetap (Antap) AAL.
 
Teriakan suporter dari tepi lapangan memberikan letupan semangat kepada Timnya yang sedang berlaga. Begitu pula saat seorang kadet perempuan ROTC US Army tengah berlaga dan tiba-tiba terjatuh karena terlilit tali rintangan, teriakan suporter menambah kemeriahan kegiatan pagi itu.
 
Setelah lomba ketangkasan Halang Rintang Mini dilanjutkan dengan lomba kecepatan menarik sebuah truck Fuso seberat 7,8 ton. Tiap-tiap Tim terdiri dari lima orang harus menarik truck berbobot 7,8 ton ditambah dengan delapan penumpang didalamnya. Masing-masing Tim secara bergantian beradu cepat menarik truck tersebut sejauh 50 meter. Tepuk tangan meriah dan teriakan suporter tak henti-hentinya untuk memberikan semangat kepada Tim jagoannya. Wajah sumringah dan keringat yang mengucur terlihat dari para Cadet ROTC US Army yang turut dalam lomba adu tenaga ini. Mereka sangat antusias dan gembira dapat mengikuti lomba unik seperti ini, yang tidak mereka jumpai di negaranya.
 
Sementara itu, sebagian Cadet ROTC US Army melaksanakan kegiatan bhakti sosial berupa penanaman bio pori di bundaran pintu masuk kampus Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dan kegiatan fun game bersama siswa-siswi SMA Kristen Santo Stanlislaus Jl. Kalijudan no 25-53 Mulyorejo Surabaya. Seperti diketahui, kegiatan joint training Cadet ROTC US Army dengan Taruna AAL di Akademi Angkatan Laut ini merupakan rangkaian kegiatan Seminar Internasional yang bertema “ Empowering Military Education in Cultivating Characters of Profesional and Adaptive Leaders to Respond the 21st Century Chalengges” yang diselenggarakan Akademi Angkatan Laut pada tanggal 19 Juli 2017 lalu dengan keynote speaker Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman, S.E.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando