PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Kasarmatim Dukung Pelaksanaan TMMD Ke-99 Di Lamongan

Kasarmatim Dukung Pelaksanaan TMMD Ke-99 Di Lamongan

Written By portal komando on 2 Agt 2017 | 6:07 PM




PK,.Surabaya, 02 Agustus 2017. Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., memimpin jalannya upacara penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2017, bertempat di Desa Sekidang, Kecamatan Sambing, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Rabu (02/07/2017).

Sebelum upacara penutupan, Kasarmatim menerima paparan tentang pelaksanaan TMMD yang dipaparkan oleh Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Inf Sutrisno Pujiono, S.E., M.M., dan diikuti oleh pejabat setempat yakni Wakil Bupati Lamongan Ibu Kartika Hidayati serta para pejabat TNI- Polri dan Pemda Lamongan.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan Kasarmatim menyampaikan, program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 37 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor undang-undang”, ucapnya.

Keberhasilan kegiatan TMMD sangat dirasakan oleh masyarakat ataupun Pemda, sehingga Pemda bersama rakyatnya meminta agar 1 kegiatan TMMD ditambah. Berdasarkan keinginan masyarakat itulah maka pada TA. 2017 ini terjadi perubahan program TMMD, yang semula 2 kali dalam setahun menjadi 3 kali dalam setahun sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri RI kepada Gubernur serta Bupati/Walikota Nomor 140/174/SJ tanggai 16 Januari 2017 tentang Penambahan kegiatan program TMMD dari 2 kali menjadi 3 kali dalam setahun.

Dalam kegiatan TMMD yang ke-99 ini telah dikerjakan sebanyak 364 sasaran fisik berupa infrastruktur tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, diantaranya pembangunan sarana transportasi, pembangunan jalan baru, rehabilitasi jalan, pengaspalan jalan dan pengerasan jalan.

Mengambil tema, "Dengan semangat kemanunggalan TNI dengan rakyat kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI" adanya TMMD diharapkan TNI-Rakyat jangan mudah terhasut dan terprofokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik.

Kasarmatim dalam wawancara dengan awak media menyampaikan bahwa, program TMMD ini sudah berjalan dengan baik, dan sasaran yang telah dilaksanakan di sini sudah berjalan dan program ini harus selalu bergulir dan harapannya ada jalan akses antara desa ke desa agar mudah untuk transportasi, program ini adalah menjadi program Angkatan Darat tapi kalo di Laut namanya Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya yang dilaksanakan di daerah-daerah bahkan pulau-pulau terluar.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando