PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Ketum Dharma Pertiwi Buka Bakti Sosial TNI AL & Pengurus Pusat Jalasenastri di Perumahan Prajurit RSS Wonosari

Ketum Dharma Pertiwi Buka Bakti Sosial TNI AL & Pengurus Pusat Jalasenastri di Perumahan Prajurit RSS Wonosari

Written By portal komando on 14 Agt 2017 | 1:52 PM

PK,.Lantamal V (23/7),--- Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nenny Gatot Nurmantyo membuka acara Bakti Sosial TNI AL & Pengurus Pusat Jalasenastri dalam rangka Peringatan HUT ke-71 Jalasenastri (persatuan istri prajurit TNI AL: Red) yang digelar di perumahan dinas prajurit TNI AL RSS Wonosari, Bulak Banteng, Surabaya, Senin (14/8). 

Program Bakti Sosial yang dibuka Ketua Umum Dharma (Istri Panglima TNI) Ny. Nenny Gatot Nurmantyo ini, dihadiri juga Ketua Umum Jalasenastri (Istri KSAL) Ny. Endah Ade Supandi, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Ny. Sita Mulyono, Ketua Umum PIA Ardhya Garini Argarinidan Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Waketum Jalasenastri Ny. Ina A. Taufiqurrahman, Ketua II TP PKK Prov Jatim, Ketua BKOW Jatim, Pengurus Pusat organsisasi istri prajurit TNI dan tamu undangan lainnya.  

Dari kalangan militer tampak hadir Asisten Potensi Maritim Kasal Brigjen TNI (Mar) Gatot Triswanto, Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S. H., M. A. P, Kadispotmar Mabesal Brigjen TNI (Mar) l Ketut Suarya, Kadiskes Mabesal Laksma TNI Nora, Kadiskesal Laksma TNI Nalendra, Danlantamal V Laksma TNI Edi Sucipto, S.E.,M. A. P, dan pejabat militer lainnya.
 
Gelaran Baksos ini, merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan jelang peringatan puncak HUT ke-71 Jalasenastri yang diperingati setiap tanggal 27 Agustus ini. Pengurus Pusat Jalasenastri menggelar berbagai kegiatan muai dari lomba ajang bakat, minat dan keterampilan anggota Jalasenastri hingga kegiatan yang sifatnya sosial, seperti gelaran bakti sosial yang digelar Lapanagn III Rumdis TNI AL RSS Wonosari pada Senin ini.
 
Pada Bhakti sosial TNI AL dan PP Jalasenastri tahun 2017 di Wonosari ini, Panitia menargerkan mampu melayani 1.300 an pasien secara gratis. Baksos di Wonosari, Surabaya ini, telah dipersiapkan TNI AL dalam hal Ini Lantamal V jauh jauh hari, dimana Komandan Lantamal V Laksamana Pertama membentuk satuan tugas dan menunjuk Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal V, Letkol Laut (P) Didik Dwijantoko sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Bakti sosial TNI AL dan PP Jalasenastri tahun 2017 di Surabaya ini.
 
Bhakti sosial ini, merupakan program dari Pengurus Pusat Jalasenastri yang pelaksananya diserahkan kepada Pangkalan TNI AL. Ada kegiatan serupa tahun ini yang digelar di Kampung Pesisir Tambak Lorok, Kelurahan Tanjung Emas, Semarang 12 Agustus lalu.
 
Persiapan kegiatan ini, telah di laksanakan jauh jauh hari, mulai mendapatkan direktif pelaksanaan Bhakti TNI AL dan PP Jalasenastri dari Mabesal, dilanjut Surat Perintah dari Komandan Lantamal V, pelaksanaan koordinasi intens dengan pihak dan instansi terkait, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, sehingga dengan komunikasi yang sudah terjalin baik diharapkan dapat mengbuahkan hasil maksimal dalam gelaran Baksos TNI AL & PP Jalasenastri di Wonosari dan dapat membawa manfaat yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
Untuk mendukung baksos kesehatan gratis ini, Dispotmar dan Diskes Lantamal V telah menerjunkan sedikitnya 114 tenaga medis dan para medis, dibantu 39 tenaga medis dari non TNI AL seperti dari FKG Unair 6 orang, dokter muda FKF UHT 6 orang, FKG UHT 6 orangStikes UHT 10 orang dokter umum Lantamal V 4 orang, dokter gigi Lantamal 2 orang, dokter umum Armarim 2 orang, dokter umum satkes Mabesal 2 orang, dokter umum Puspenerbal 2 orang.
 
Sedangkan dokter spesialis yang diturunkan diantaranya penyakit dalam, mata, bedah, urologi dan obgyn. Untuk Pelayanan gratis sendiri diantaranya pengobatan umum 577 pasien, 67 pasien Khitan /sunat, Bedah minor 30 orang, KB (pemasangan implant, iud) 57 orang.
 
Kemudian pemeriksaan laboratorium 150 orang, Donor darah 535 orang, pemeriksaan dan penyuluhan gigi 575 orang anak SD, pemeriksaan Refraksi 119 pasien, pelayanan kesehatan gigi umum 96, pemeriksaan telinga 150 pasien dan pengobatan akupuntur dan masage.
 
Untuk material kesehatan termasuk rumah sakit lapangan, obat obatan, meja geneologi, USG mobil beberapa alat kesehatan lainnya merupakan peralatan yang dimiliki dan disiapkan satuan kesehatan TNI AL yang ada di Surabaya. Dengan adanya kegiatan bakti sosial TNI AL dan PP Jalasenastri yang dimotori dilakukan Lantamal V serta didukung pihak lainnya yang turut membantu ini, diharapkan dapat mendatangkan manfaat dan diterima baik oleh masyarakat khususnya masyarakat di kelurahan Bulak Banteng, Kenjeran ini.
 
Selain bakti sosisl kesehatan, juga akan di tampilkan demo cuci tangan dan gosok gigi yang dilakukan ratusan siswa siswi SDN 13, 14, 15 Ujung, serta pemberian bantuan sarana sekolah dari PP Jalsenastri kepada SDN 13, 14, 15 Ujung serta SD Hang Tuang 3 dan 12 Ujung.
 
Selain pengobatan gratis, dalam kesempatan ini Jalasenastri pusat juga memberikan bantuan 20 kursi roda, 20 alat bantu dengar kepada keluarga besar TNI AL, pemberian bingkisan sembako pada masyarakat yang membutuhkan, bantuan alat-alat sekolah dan obat-obatan, peberian santuanan bagi 575 anak yatim, pemberian kipas angin kepada SDN 13,14,15 dan SD Hang Tuah 3 dan 12 Ujung, penyerahan santuanan duka kepada 267 Warakauri (janda) TNI AL dan penyerahan Watzah dari Mabesal kapada 106 kelaurga prajurit TNI AL.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando