PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Koarmatim Adakan Lomba MTQ,MHQ Dan Banjari Tingkat Perguruan Tinggi Se- Jatim

Koarmatim Adakan Lomba MTQ,MHQ Dan Banjari Tingkat Perguruan Tinggi Se- Jatim

Written By portal komando on 14 Agt 2017 | 5:13 PM


PK,.Surabaya, 14 Agustus 2017 ,.Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 tahun 2017, Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G.Ariawan, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., secara resmi membuka lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) dan Banjari tingkat Perguruan Tinggi se-Jawa Timur di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, Ujung, Surabaya. Senin, (14/08/2017)

Lomba dengan tema, ”Bersama kita wujudkan insan yang cinta sholawat”, diantaranya MTQ dan MHQ di ikuti sebanyak 96 peserta dan lomba Banjari di ikuti 8 group dari berbagai Perguruan Tinggi se - Jawa Timur. Kompetisi ini terbagi dalam beberapa kategori diantaranya MTQ Putra 15 peserta, MTQ Putri 19 peserta, MHQ 5 JUZ 27 peserta, MHQ 10 JUZ yang di ikuti 35 peserta dilaksanakan di Masjid Al – Mahdi Koarmatim, sedangkan lomba Seni Religi Al- Banjari dilaksanakan di Gedung PTA Koarmatim.

Dalam lomba tersebut, tim dewan juri berjumlah 9 orang dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jawa Timur dengan koordinator Dr. H. Zainudin, M.Ag., Selaku Ketua Pelaksana penyelenggara dalam kegiatan ini adalah Komandan Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa.

Selanjutnya dalam sambutan Pangarmatim yang dibacakan oleh Kasarmatim bahwa, penyelenggaraan MTQ, MHQ dan Banjari tingkat Perguruan Tinggi se – Jawa Timur bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Qur’an serta mencintai seni budaya Islami.

“Sebagaimana kita imani bersama, kitab suci Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, serta merupakan wahyu Illahi untuk menjadi petunjuk,pedoman, tuntutan dan pegangan bagi umat manusia, agar memperoleh kebahagiaan,baik didunia maupun di akhirat”, ujar Pangarmatim.

Lanjutnya, melalui lomba MTQ ini dengan lantunan Al-Qur’an yang indah, kalimat yang jelas dan terang, gaya bahasa yang mengagumkan serta hafalan yang kuat menjadikan kitab suci Al-Qur’an sumber inspirasi yang tidak pernah kering, semakin kita dalami Al-Qur’an semakin kita yakin akan kebenaran firman Allah SWT dan semakin kita baca dengan lantunan yang indah, semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan isinya.

Selama pelaksanaan lomba para peserta menunjukkan kemampuan yang luar biasa dan setelah penantian yang cukup menegangkan tim dewan juri memutuskan, juara lomba MTQ Putra diraih oleh Nur Hidayatulloh dari UIN Malang sebagai juara 1, juara 2 di raih oleh M. Fatihul Jalil dari UINSA sedangkan Juara 3 diraih oleh Ahmad Luthfi dari UINSA.

Juara Lomba MTQ Putri diantaranya diraih oleh Khoirun Nisa’ dari UIN Malang keluar sebagai juara 1, juara 2 di raih oleh Firdausi Nuzulah dari UNIBRAW sedangkan Juara 3 diraih oleh Diah Maghfiroh dari UIN Malang, Juara lomba MHQ 5 JUZ diraih oleh Maria Ulfah Rohmawati (UINSA) sebagai juara 1, juara 2 di raih oleh Hikmatul Fajriyah dari (UINSA) sedangkan Juara 3 di raih oleh Robby Aulia Zamora dari (UNIBRAW).

Untuk Juara Lomba MHQ 10 JUZ Juara 1 diraih oleh Elfiaturrosidah dari (UINSA), Juara 2 di raih oleh Azhar Syarif dari (UNHASY), sedangkan Juara 3 di raih oleh Dewi Nur Annisa Alian dari (UINSA). Untuk Lomba Seni Religi Al- Banjari Juara 1 dirai oleh Faraidul Bahiyah dari (UIN MALANG), Juara 2 di raih oleh Zero Faza dari (STAI Al Khozini) sedangkan Juara 3 di raih oleh Al-Ikhlas dari (UINSA).
Dalam penyerahan hadiah yang diserahkan oleh Komandan Guspurlatim Laksma TNI Rachmad Jayadi, M.Tr (Han) kepada seluruh pemenang diantaranya adalah Piala Pangarmatim, Sertifikat dan uang pembinaan.

Hadir dalam acara pembukaan yaitu, Koorsahli Pangarmatim Kolonel Mar Tory Subiyantoro, para Pejabat Utama Koarmatim, para Kasatker Koarmatim dan para Komandan Satuan jajaran Koarmatim, serta undangan lainnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando