Home » » Kodam XVI/Pattimura Gandeng Pemkot dan Komunitas Pecinta Lingkungan Bersihkan Teluk Ambon

Kodam XVI/Pattimura Gandeng Pemkot dan Komunitas Pecinta Lingkungan Bersihkan Teluk Ambon

Written By portal komando on 11 Agt 2017 | 7:09 PM

Ambon, (11/08)  Dalam rangka Program Serbuan Teritorial, Asisten Teritorial Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Ali Aminuddin, S.E  menggandeng  Pemkot dan Komunitas Pecinta Lingkungan Kota Ambon melaksanakan pembersihan pesisir pantai dan teluk Ambon yang bertempat di Teluk Ambon Negeri Poka, depan PLTD Poka, Kec. Baguala  Kota Ambon.

Selain menunjang program serbuan teritorial, kegiatan ini juga merupakan gagasan Pangdam XVI/Pattimura sendiri berkaitan dengan program Emas Hijau (Green Gold). Kegiatan ini dihadiri tidak hanya dari TNI, Pemkot Kota Ambon, Masyarakat Desa Poka dan juga Komunitas Pecinta Lingkungan Kota Ambon, seperti Molucass costa care, Green Moluccas tetapi warga asing dari luar negeri juga ikut berpartisipasi pada kegiatan ini, seperti beberapa pelajar dari negara Australia, Rusia, Vietnam dan Laos.
 
Tidak hanya pembersihan pantai pesisir dan mengangkut sampah dari pantai ke darat, tetapi juga dilaksanakan pemasangan jaring penahan sampah sepanjang 250 m secara bersama-sama yang bertujuan mencegah sampah-sampah masuk kedalam ekosistem Mangrove dari pantai sebelah utara. Jaring penahan sampah merupakan bantuan yang diberikan Kodam XVI/Pattimura. Aster Kasdam XVI/Pattimura mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, memberikan secara lansung kepada Camat Teluk Ambon dan diserahkan kepada Komunitas  Molucass Costa Care.

Penanaman 750 bibit  pohon mangrove oleh TNI dan Komunitas juga dilakukan sebagai tindakan reboisasi. Diketahui sampah yang berhasil di bersihkan mencapai 15 truk. Kebersihan ekosistem pantai juga merupakan hal yang sangat penting. Selain menahan abrasi oleh air laut, mangrove juga berfungsi sebagai habitat satwa dan juga beberapa jenis ikan. Dengan ekosistem mangrove yang bersih dan hijau diharapkan banyak bibit-bibit ikan yang bisa hidup sehingga ikan melimpah (Blue Gold). (Pendam16)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando