PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Komandan Lantamal XI Meninjau Posal Wanam

Komandan Lantamal XI Meninjau Posal Wanam

Written By portal komando on 16 Agt 2017 | 6:04 PM


PK,.MERAUKE,.Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr. (Han) didampingi oleh Asintel Danlantamal XI Kolonel Laut (T) Totok Noriyanto, S.T., dan Asops Danlantamal XI Letkol Laut (P) Dermon Hermono Kusumo melaksanakan Kunjungan Kerja ke Posal Wanam disambut oleh Danposal Wanam Letda Laut (P) Bambang Eko Suryono. (Rabu, 16/08/2017).

Posal Wanam merupakan salah satu Posal yang dimiliki oleh Lantamal XI yang terletak di Kampung Wanam dengan penduduk sekitar 2.400 jiwa ini memang sangat terisolir, hidup di Wanam bagai tak kenal dunia luar karena siang hari tidak ada aliran listrik, apalagi sinyal ponsel sangat sulit diperoleh dan hanya terdapat pada titik-titik tertentu, untuk berkomunikasi dengan dunia luar menggunakan jalur komunikasi telepon satelit dengan biaya lumayan besar. 

Pada malam hari baru dialiri listrik mulai pukul 18.00 sampai dengan pukul 24.00, dan listrik kembali padam hingga sore di keesokan harinya. Wanam juga tidak bisa ditempuh melalui jalur darat dari pusat pemerintahan Kota Merauke, hanya ada jalur laut dan jalur udara. Tentunya kondisi Wanam tergolong memprihatinkan, warga kebanyakan meminta pemerintah hadir disini untuk menyumbang infrastruktur supaya Wanam dapat hidup sebagaimana masyarakat kota besar lainnya.

Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr. (Han) menyampaikan bahwa tujuan melaksanakan kunjungan kerja ini adalah untuk melihat secara langsung kondisi dan sarana prasarana yang dimiliki oleh Posal Wanam. Selain itu, kunjungan ini dalam rangka peninjauan/pengecekan kapal moratorium sebanyak 104 kapal dan memberikan penekanan kepada masyarakat pantai tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI khususnya masyarakat di pesisir pantai dengan tetap menjaga kesinambungan dan keharmonisan hubungan antar masyarakat.

Sementara itu, Asop Danlantamal XI Letkol Laut (P) Dermon Hermono Kusumo memberikan penekanan kepada masyarakat nelayan Wanam agar dalam melakukan penangkapan ikan harus mengunakan alat tangkap sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Jangan gunakan alat tangkap yang dapat merusak ekosistem laut seperti bom, bius, jaring trawl karena akan merusak terumbu karang dan biota laut lainnya, dan hal tersebut dilarang oleh pemerintah. Kita harus menjaga ekosistem laut dan sumber daya yang ada didalamnya agar hasil tangkapan para nelayan lebih meningkat. Apabila masyarakat nelayan menemukan permasalahan ataupun tindakan yang mencurigakan di laut agar segera melaporkan kepada instansi terkait dalam hal ini Pos Angkatan Laut terdekat maupun Pos Polair untuk segera ditindak lanjuti.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Distrik Wanam, Kepala Pos Polair Wanam, Kepala KP3 Wanam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Masyarakat Nelayan Wanam. (Dispen11).

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando