Home » » Komandan Sat Radar 215 Dan Pasintel Kodim 0731 Kulon Progo Hadiri Tradisi Selamatan,Tanda Dimulainya Pembangunan Bandara NYIA Di Temon

Komandan Sat Radar 215 Dan Pasintel Kodim 0731 Kulon Progo Hadiri Tradisi Selamatan,Tanda Dimulainya Pembangunan Bandara NYIA Di Temon

Written By portal komando on 12 Agt 2017 | 8:07 AM

Yogya Barat.PK,.Selepas sholat Jum'at, (11/08/17) bertempat di Gedung Ex TPA Al lkhlas, Jln Deandeles Munggangan, Palihan, Temon, Kulon Progo. Dilaksanakan acara selamatan oleh pihak Angkasa Pura I. Kegiatan ini dilakukan sesuai tradisi setempat sebagai pertanda di mulainya pembangunan New Yogyakarta lntemaslonal Airport (NYIA).

Selain Manager Project Bandara NYIA, R. Sujiastono. Tampak hadir pada acara tersebut Kapolres KP, AKBP Irfan Rifai SH SIK. Dan Satrad 215/Congot, Mayor Lek Joko Dwi Maryanto ST. Dandim 0731/KP diwakili Pasi Intel, Kapten Inf Suhut. Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati. Asisten Pemerintahan dan Kesra Kulon Progo, Arif Sudarmanto SH. Sekretaris Bappeda Kulon Progo, Drs. Wahyu Pujianto. Unsur Muspika Kecamatan Temon. Serta para Kades dari Desa terdampak pembangunan Bandara, perwakilan dari Kontraktor PP Contruksion (PT PP).

R Sujiastono selaku Manager Project Bandara NYIA, memberikan penjelasan,Bahwa proyek ini secara resmi di mulai per tanggal 11 Agustus 2017. Dengan Kontraktor PP Contruksion sebagai mitra pelaksana untuk pembangunan penyiapan lahan dan pekerjaan lainnya.

"Kita bekerja paralel tidak menunggu perencanaan selesai namun akan dilaksanakan dengan pembagian pekerjaan. Sebagai langkah antisipasi kejar waktu yaitu Maret 2019. Dalam kaitan itu, tentunya pekerjaan ini akan berjalan baik dan mulus bila didukung dan partisipasi semua pihak" jelas R Sujiastono.

Seperti diketahui pada Pembangunan tahap awal ini, Bandara baru di Kulon Progoa diharapkan mampu menampung 14 juta penumpang. Dalam rotasi penumpang. Harapannya, dengan adanya Bandara baru di DIY ini, wisatawan yang mau ke Bali tidak transit di Singapura namun transit di Kulon Progo ini.

Sementara itu Sambutan Ketua DPRD Kulon Progo, Akhid Nuryati selaku wakil dari unsur masyarakat di wilayah Kulon Progo memberikan banyak masukan dan pengharapan serta apa yang menjadi kewajiban dari Angkasa Pura I terhadap wilayah Kulon Progo.

"Dengan dinamika yang terjadi selama ini saya ucapkan apresiasi bagi PT AP I. Selanjutnya adanya apraisal ulang bagi WTT ( warga yang dulu menolak) saya ucapkan selamat dan terimakasih.

Mohon pembangunan Bandara ini melibatkan masyarakat Kulon Progo dalam setiap tahapan, apalagi melihat desain yg begitu megahnya Bandara nantinya." Harap Ketua DPRD Kulon Progo ini.

Kontibusi yang sudah diberikan dan harapan yang bisa diraih masyarakat haruslah seimbang. Terlebih dengan adanya pengorbanan masyarakat Kulon Progo dalam berbagai sisi. Beberapa hal yang telah disepakati untuk dilakukan, kerja sama antara Pemkab Kulon Progo dan PT AP I, seyogyanya perjanjian tersebut dijalankan dengan benar agar masyarakat dapat memetik hasil pembangunan. Jangan sampai penduduk di Temon tidak dapat kesempatan memanfaatkan dampak adanya pembangunan ini.

"Sekali lagi Saya tekankan, libatkan masyarakat setempat, warga Kulon Progo ini. Secara tupoksi kami DPRD ini adalah selaku wakil dari masyarakat. Jadi akan selalu mengikuti dan mengawal proses serta dinamika soal pembangunan Bandara ini" Tegas Ketua DPRD.

Kegiatan selamatan, tradisi lokal ini ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Projek Manager bandara NYIA dan Ketua DPRD Kulonprogo dan diberikan kepada anak yatim piatu, dilanjutkan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dari desa terdampak bandara oleh Angkasa Pura I melewati Laziz NU Kulon Progo. (NSR/bang natsir)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando