PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Kunjungan Kerja Pangkohanudnas di Satuan Radar TNI AU 215 Congot.

Kunjungan Kerja Pangkohanudnas di Satuan Radar TNI AU 215 Congot.

Written By portal komando on 1 Agt 2017 | 5:37 PM

PK,.Yogya Barat. Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E. MM, selaku Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas). Selasa  01/08/17 mengunjungi mako Satuan Radar 215 Congot Temon Kulon Progo. Kedatangan Pangkohanudnas dalam rangka memantau penggeseran dan penggelaran Portable Radar Weibel MR-2 di Satuan Radar TNI AU 215 Congot ini.

Mendampingi dalam giat Pangkohanudnas tersebut antara lain. Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) 1, Marsma TNI Kustono, S.Sos. Dan Depohar 50 Kolonel (Lek) Budi Rayhani Leman. ST., Kaku (Kepala Keuangan) Kohanudnas Kolonel Lek Budi Wardoyo. Askomlek (Asisten Komunikasi Elektronika) Kohanudnas, Kolonel Lek Didik Pujo Indarto.

Selama kunjungan dilingkungan mako Satradar. Pangkohanudnas didampingi tenaga ahli langsung dari pabrikan Denmark dan Komandan Satradar Mayor (Lek) Joko Dwi Maryanto. ST.

Seperti diketahui TNI AU telah membeli radar produksi Denmark ini. Salah satunya ditempatkan di Satuan 215 Congot. Radar ini besutan perusahaan Weibel Scientific, merupakan perusahaan asal Denmark yang memproduksi radar dengan prinsip Doppler. Weibel sendiri menyediakan berbagai macam radar dengan kebutuhan yang berbeda.

TNI AU memilih radar ini karena mobile, mudah diangkut dengan pesawat terbang. Radar ini dapat beroperasi di segala cuaca. Jarak pelacakan radar mampu menjangkau sampai 1000 Km dengan jarak pengintaian antara 250 - 400 Km.
Radar ini menampilkan gambar dengan tampilan 2D atau 3D. Radar Weibel juga dilengkapi Rx Digital Multi Beam Phased Array.
Semua radar Weibel memiliki muzzle velocity radar system, active protection radar system, sistem doppler, tracking radar systems, multi frekuensi, ranging radar untuk platform pihak ketiga, pelacakan multi sensor, dan sistem pengintai dan pelacak.

Keberadaan Radar Weibel dioperasikan oleh personel TNI AU di bawah Kohanudnas (Komando Pertahanan Udara Nasional), dan Satuan Radar 215 ini dibawah Komando Pangkosekhanudnas I. Radar mobile ini sangat berguna untuk menutup kekurangan radar di wilayah wilayah Indonesia.

"Atas izin Kasau dan sepengetahuan panglima TNI. Kedatangan saya ini dalam rangka melihat uji coba. Radar Weible MR-2. Radar ini bisa dibawa kemana saja, dan ditempatkan dimana saja. 
Namun kedepannya radar ini akan station di Satuan Radar 215 Congot ini. Hari ini kita mencoba menuntun atau meng 'guide' pesawat tempur yang terbang dari Lanud Iswahyudi Madiun. Jadi tadi pesawat tempur sudah terbang jauh 150 neutical mile ke arah selatan dan sangat bagus penangkapan pada layar monitor petugas radar disini, cukup memuaskan hasilnya" Jelas Pangkohanudnas Marsda TNI Yuyu Sutisna pada awak media.

Pada intinya seiring perkembangan pembangunan Bandara baru di Kulon Progo. TNI AU siap mem back up dan membantu keamanan pada ruang udara.

Selain itu dengan radar ini, juga berfungsi sebagai penuntun para Taruna dan Instruktur Sekolah Sekolah penerbang TNI AU dari Lanud Adisucipto. Termasuk 3/4 daerah latihan Lanud Iswahyudi dapat terpantau dari radar ini. Termasuk 50% daerah Latihan Lanud Abrurahman Saleh dapat tercover dari radar ini. Atau masuk dalam jangkauan 240 neutical mile kurang lebih 400km.

"Dari titik disini kita dapat memantau semua yang masuk dalam daerah jangkauan. Termasuk kota kota besar selain Yogya seperti Semarang bahkan Cirebon sisi Selatan juga dapat terpantau. Kita menjaga jangan sampai adanya inflintrasi pada ruang udara kita." Tambah Marsda TNI Yuyu Sutisna.

Tambahan  Radar Doppler merupakan jenis radar yang mengukur kecepatan radial dari sebuah objek yang masuk ke dalam daerah tangkapan radar dengan menggunakan Efek Doppler. Hal ini dilakukan dengan memancarkan sinyal microwave (gelombang mikro) ke objek lalu menangkap refleksinya (pantulan) dan kemudian dianalisis perubahannya. Radar Doppler merupakan jenis radar yang sangat akurat dalam mengukur kecepatan radial.(NSR/ bang natsir)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando