KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Manfaatkan Bambu,Satgas Yonif 405/SK Berikan Pelatihan Membuat Kipas

Manfaatkan Bambu,Satgas Yonif 405/SK Berikan Pelatihan Membuat Kipas

Written By portal komando on 24 Agt 2017 | 3:33 PM



Waropko. Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma terus berupaya untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di daerah perbatasan RI-PNG, diantaranya dengan memberikan pelatihan pembuatan kipas berbahan bambu, bertempat di Kampung Upkim, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel. (24/08/17)

Kegiatan yang dilaksanakan sehari penuh itu, dihadiri oleh belasan masyarakat dari Kp Upkim. Masyarakat sangat antusias dan senang mengikuti pelatihan tersebut, mereka memperhatikan dengan seksama pelatihan membuat kipas yang dipraktekkan oleh Kopda Nur Akhmad, anggota Pos Upkim Satgas Pamtas Yonif 405/SK.

Kopda Nur Akhmad mengawali pelatihan dengan menyebutkan peralatan dan bahan-bahan sederhana yang akan digunakan untuk pembuatan kipas. Proses pembuatannyapun cukup mudah, yaitu dengan memotong batang bambu dengan ukuran ± 40 cm, di belah menjadi 4 kemudian di sayat tipis-tipis untuk dianyam. Kopda Nur Akhmad mempraktekkan cara penganyaman bambu yang telah disayat hingga menjadi sebuah kipas.

Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan oleh tokoh masyarakat Kampung Upkim, Yosef Antop, menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, ”Dengan adanya pelatihan pembuatan kipas ini, kami dapat memanfaatkan hasil hutan untuk membuat barang yang berguna bagi kehidupan kami”, ungkapnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando