PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Peresmian Tugu Para Raider Yonif 431/Satria Setia Perkasa Kostrad

Peresmian Tugu Para Raider Yonif 431/Satria Setia Perkasa Kostrad

Written By portal komando on 9 Agt 2017 | 11:45 AM

PK,.(Penkostrad. Rabu, 9 Agustus 2017).Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 431/Satria Setia Perkasa (SSP) Kostrad Letnan Kolonel Inf Teguh Wiratama, S.I.P meresmikan tugu Para Raider yang dibangun secara swadaya oleh  Batalyon Infanteri Para Raider 431/SSP Kostrad.

Batalyon Infanteri Para Raider 431/SSP Kostrad berada di bawah Komando Brigif Para Raider 3 /Tri Budi Sakti Kostrad, berkedudukan di Kariango, Maros,Sulawesi Selatan.

Batalyon Infanteri Para Raider 431 Kostrad pada tahun 1980 dikenal dengan Batalyon Infanteri 1 Brigif 3 Lintas Udara Kopassus, kemudaian pada tanggal 9 Desember 1986 dilaksanakan alih status Batalyon 3 Lintas Udara Kopassus menjadi Batalyon Infanteri Lintas Udara 431/Satria Setia Perkasa. Nomor pengenal 431 merupakan warisan dari Batalyon 431 yang berkedududkan di Slawi,Tegal, Jawa Tengah pada tahun 1963 sesudah melaksanakan operasi Trikora di Irian Jaya.

Tujuan dibangunnya tugu Para Raider ini dimaksudkan untuk menjadikan tanda bahwa telah terjadi alih status satuan yang sebelumnya satuan Batalyon Infanteri Lintas Udara 431 menjadi satuan Batalyon Infanteri Para Raider 431 serta memantapkan Batalyon 431/Satria Setia Perkasa menjadi Batalyon Para Raider yang memiliki kemampuan spesifikasi Para, Raid, Mobil Udara dan teknik tempur jarak dekat. kemudian mampu beroperasional di segala medan dan cuaca.

Pada tugu tersebut tertulis ikrar prajurit Para Raider 431Kostrad yaitu : Selalu setia dan menunjung tinggi jiwa Pancasila dan UUD 1945, Memegang teguh dan tetap berpedoman pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, Menjaga kehormatan Para Raider setiap saat dan kondisi apapun, jangan karena saya Satria Setia Perkasa dipermalukan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando