KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » PRAJURIT KODIM CILACAP TERIMA SOSIALISASI DOKTRIN TNI AD

PRAJURIT KODIM CILACAP TERIMA SOSIALISASI DOKTRIN TNI AD

Written By portal komando on 28 Agt 2017 | 12:38 PM

Cilacap - Seluruh Prajurit TNI dan ASN jajaran Kodim 0703/Cilacap ikuti sosialisasi doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, bertempat di aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap Jln. Raya Jend. Soedirman No. D-1 Cilacap, Senin (28/08).

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian, hal hal yang disosialisasikan yakni, latar belakang TNI AD, hakekat, kedudukan dan landasan doktrin, peran, tugas fungsi TNI AD, hakekat ancaman, damai, konflik dan perang, pembinaan TNI AD, penggunaan TNI AD dan wewenang. 

Dimana kesemuaannya mempunyai tujuan untuk memberikan informasi dan sekaligus menyamakan visi, persepsi dan interprestasi terhadap Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, sehingga dapat dipahami dan diimplementasikan secara benar oleh seluruh prajurit Kodim 0703/Cilacap khususnya dan TNI AD pada pada umumnya. 

Kasdim 0703/Cilacap, Mayor Inf. Rofiq Alfian, menyampaikan, Perintah Sosialisasi ini diterima kemarin di Makodam IV/ Diponegoro dan perintah ini langsung dari Kodiklat TNI AD yang harus segera disampaikan kepada seluruh Prajurut dan ASN TNI AD. Untuk itu, kepada seluruh Prajurit TNI dan ASN Kodim 0703/Cilacap dan jajarannya mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan seksama." Ujar Kasdim.

Menurutnya, Doktrin Kartika Eka Paksi merupakan suatu pedoman berisikan ajaran yang diyakini kebenarannya sesuai perkembangan lingkungan strategis dan dilandasi pengalaman sesuai sejarah yang panjang serta tetap memegang teguh prinsip perjuangan TNI AD. 

Sedangkan Kegunaan doktrin merupakan pedoman dasar dalam membangun dan mengembangkan postur TNI-AD yang dapat diandalkan sebagai komponen utama dalam sistem pertahanan kita." Terang Kasdim.

Selain itu, Doktrin Kartika Eka Paksi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 8 menjelaskan bahwa TNI-AD melaksanakan tugas TNI matra darat di bidang pertahanan, menjaga keamanan wilayah perbatasan darat dengan negara lain, membangun dan mengembangkan kekuatan matra darat dan memberdayakan wilayah pertahanan di darat digunakan dalam bentuk pengerahan baik dengan menjalankan fungsi Binter maupun Pertempuran.

"Pengertian utuh bahwa TNI-AD yang kuat senantiasa menjunjung cita-cita yang tinggi, serta keprajuritan sejati yang diwujudkan melalui kesanggupan, kerelaan dan ketetapan hati setiap prajurit TNI-AD untuk mempertahankan Tanah Air sampai titik darah penghabisan, yang dilandasi dengan keyakinan akan niat dan keinginan luhur dalam membela keadilan suci dan kebenaran murni." paparnya.
(Pendim0703Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando