PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Prajurit Resimen Artileri -1 Marinir Terima PenyuluhanKesehatan Dari Dinas Ksehatan Armatim

Prajurit Resimen Artileri -1 Marinir Terima PenyuluhanKesehatan Dari Dinas Ksehatan Armatim

Written By portal komando on 11 Agt 2017 | 8:37 PM

PK,. (Surabaya). Prajurit Resimen Artileri-1 Marinir menerima penyuluhan kesehatan HIV/AIDS dari Dinas Kesehatan Armatim di ruang rekreasi Batalyon Arhanud-1 Marinir, Karangpilang, Surabaya, Jumat (11/08/2017).

Kegiatan yang diikuti Komandan Menart-1 Mar Kolonel Marinir Ainur Rofiq S.Pi.. Wadan Menart-1 Marinir Lekol Marinir Kurniawan BCP, Pasintel Letkol Marinir Sutaryanto S.Pd., Paspers Letkol Marinir Syahrial S.E., Danyon Howitzer-1 Marinir Letkol Marinir Marhabang S.H, M.Tr.Hanla., Danyon Roket-1 Marinir Letkol Marinir Dian Suryansyah S.E. M.Tr.Hanla., dan seluruh prajurit Menart-1 Marinir tersebut dengan narasumber Kasubdis Kesla Diskes Armatim Letkol Laut (K) Kuntoro Sujiarto, SST. FT., dan Kabag Kestral Lakesla Mayor Laut (K) Dr. Jefri Agung SNP. SpKJ. M.Tr.Hanla.

Dalam penyuluhan tersebut Kabag Kestral Lakesla Mayor Laut (K) Dr. Jefri Agung SNP. SpKJ. M.Tr.Hanla. menyampaikan materi mengenai Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) tentang bagaimana cara penularan dan pencegahan serta siapa saja yang dapat terinfeksi penyakit tersebut.

“AIDS adalah kumpulan dari beberapa gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV,” jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa HIV/AIDS bisa menular pada pasangan homoseksual maupun heteroseksual, terutama bagi yang suka gonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual, namun HIV/AIDS tidak dapat menular melalui sentuhan, pelukan atau ciuman, berbagi makanan atau menggunakan alat makan bersama, berenang bersama, terpapar batuk atau bersin, memakai toilet bergantian dan gigitan nyamuk atau serangga.

Menurutnya, ada beberapa cara pencegahan penularan HIV/AIDS antara lain dengan cara ABCD yaitu Abstinence yaitu menahan diri tidak melakukan seks, Be Faithfull yaitu bersikap saling setia pada pasangan, Condom yaitu melakukan hubungan seks dengan kondom dan Drugs yaitu jauhi narkoba apalagi menggunakan jarum suntik narkoba secara bergantian.

Sedangkan untuk mengetahui apakah seseorang sudah tertular HIV yaitu dengan melakukan tes HIV di klinik atau rumah sakit terdekat. “Bila menyadari perilaku kita beresiko, melakukan tes HIV adalah tindakan yang bertanggung jawab, bijaksana, dan tepat. Karena seseorang dengan HIV positif tidak bisa dilihat dari penampilan fisik maka dapat melakukan tes HIV bersama pasangannya,” tegasnya.

Sementara itu, Komandan Resimen Artileri-1 Marinir Kolonel Marinir Ainur Rofiq S.Pi., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangatlah bermanfaat bagi seluruh prajurit di jajaran Menart-1 Marinir, karena dengan adanya penyuluhan kesehatan diharapkan setiap prajurit dapat menjaga kesehatannya serta memiliki kontrol diri dalam berperilaku terutama di luar jam dinas.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando