KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Rakyat Papua Bangkit Bersama Membangun Desa

Rakyat Papua Bangkit Bersama Membangun Desa

Written By portal komando on 2 Agt 2017 | 1:11 PM

 
PAPUA,.PK,.Ribuan Warga bersuka cita hadir dalam upacara penutupan TMMD ke - 99 di Kampung Bomoktai Distrik Yaro Kab. Nabire Provinsi Papua yang dilaksanakan pada hari ini tanggal 2 Agustus 2017. 

Bertindak sebagai inspektur Upacara Wakasad Letnan Jenderal TNI Hinsa Siburian. Turut hadir pula pada upacara ini Waaster Kasad Brigjen TNI Budi, Bupati Nabire Isaias Douw dan Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Jerry H.T. Simatupang serta Kapolres Nabire AKBP Sony Sanjaya.

Kasad dalam amanatnya yg dibacakan oleh Hinsa Siburian selaku irup mengatakan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) telah dimulai sejak tahun 1980-an yang kita kenal bersama dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui evaluasi dan penyempurnaan selama kurung waktu 37 tahun semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor UU.

Keberhasilan TMMD serta manfaat yang dirasakan Masyarakat dan Pemda, sehingga Pemda bersama Rakyatnya meminta agar kegiatan TMMD ditambah. Berdasarkan keinginan rakyat inilah maka pada TA. 2017 Program TMMD yang semula hanya dilaksanakan 2 kali setahun ditambah menjadi 3 kali setahun sesuai dengan surat Menteri Dalam Negri RI kepada Gubernur serta Bupati/Walikota No. 140/174/SJ tanggal 16 Januari 2017 tentang penambahan Program TMMD dari 2 kali menjadi 3 kali setahun.

TMMD ke-99 tahu 2017 telah dikerjakan sebanyak 364 sasaran fisik berupa infrastruktur yg tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia. Selain sasaran fisik diimbangi juga dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada Masyarakat tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional. Pembangunan Non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi Bangsa yang dilancarkan melalui Proxy War diantaranya Narkoba, terorisme, kriminalitas serta bangkitnya Komunisme baru, radikalisme dan kelompok anti Pancasila.

Sasaran fisik TMMD yang dilaksanakan di Kampung Bomoktai Distrik Yaro Kab. Nabire Papua melaksanakan Pembangunan Gereja Jemaat Karmel Bomopai. Pemilihan sasaran berupa rumah ibadah ini sejalan dengan Pancasila khususnya Sila pertama Ketuhanan YME, diharapkan dengan sarana rumah ibadah yang telah dibangun secara gotong royong bahu membahu antara TNI, rakyat dan seluruh komponen Masyarakat dapat mendorong ketaatan umat dalam melaksanakan syariat agamanya, ujar Hinsa saat menanggapi pertanyaan media.

Upacara penutupan TMMD ini dimeriahkan pula dengan penampilan display Drum band putra/putri pelajar SMP Nabire yang tampil sangat memukau dan membuat decak kagum para hadirin. Isasias Douw selaku Bupati sangat bangga atas atraksi yang dipersembahkan oleh Putra/Putri Nabire sehingga membuat Douw tergerak untuk memberikan dana pembinaan kepada tim drum band sebesar Rp. 50 juta. Douw juga menegaskan bahwa Nabire harus dibangun atas semangat kebersamaan dan kebhinekaan. 
 
Orang Papua pendatang, Papua pesisir, Papua gunung, apapun suku dan agamanya harus bahu membahu untuk bangkit bersama membangun Papua, himbau Douw. Isaias Douw juga mengucapkan Terimakasih dan rasa bangga kepada prajurit TNI atas pengabdiannya kepada rakyat yang salah satunya diwujudkan melalui Program TMMD.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando