KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » UPACARA PENUTUPAN TMMD SENGKUYUNG TAHAP II KODIM 0711/PEMALANG TAHUN 2017

UPACARA PENUTUPAN TMMD SENGKUYUNG TAHAP II KODIM 0711/PEMALANG TAHUN 2017

Written By portal komando on 3 Agt 2017 | 6:48 PM

 
PK,.PEMALANG,.Dalam amanatnya amanat Kasad Jenderal TNI Mulyono yang di bacakan oleh Inspektur Upacara Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han) menyampaikan sebagai insan yang bertakwa, marilah senantiasa kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, taufik dan ridho-Nya, kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan, sehingga dapat hadir untuk mengikuti Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-99 Tahun 2017 dengan penuh kebersamaan serta dilandasi semangat gotong-royong dan kemanunggalan, selama satu bulan sejak tanggal 04 Juli 2017, para prajurit, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-99. 
 
Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan Bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu Pemda mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan Kemanunggalan TNI- Rakyat guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara. 
 
Oleh karena itu pada kesempatan yang sangat baik ini sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil sehingga kegiatan TMMD ke-99 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar. Peserta Upacara dan Hadirin yang saya hormati. Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). 
 
Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 37 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor undang-undang. 
 
Keberhasilan dari kegiatan TMMD ini sangat dirasakan oleh masyarakat ataupun Pemda, sehingga Pemda bersama rakyatnya meminta agar kegiatan TMMD ditambah. Berdasarkan keinginan masyarakat itulah maka pada TA. 2017 ini terjadi perubahan program TMMD, yang semula 2 kali dalam setahun menjadi 3 kali setahun sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri RI kepada Gubernur serta Bupati/Walikota Nomor 140/174/SJ tanggal 16 Januari 2017 tentang Penambahan kegiatan program TMMD dari 2 kali menjadi 3 kali dalam setahun. Program TMMD yang ke-99 tahun 2017, merupakan tahun ketiga dari rencana strategis TNI AD tahun 2015-2019. 
 
Keberhasilan ini sangat penting, karena menjadi titik tolak keberhasilan tahun- tahun selanjutnya. Oleh sebab itu bila perencanaan, pelaksanaan dan laporan hasil kegiatan melalui proses yang prima, selektif dan akurat di lapangan, maka akan menghasilkan kegiatan yang optimal. Pada TMMD ke-99 tahun 2017 ini telah dikerjakan sebanyak 364 sasaran fisik berupa infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, rehabilitasi jalan, pengaspalan jalan, peningkatan badan jalan dan pengerasan jalan. 
 
Pembangunan rumah tidak layak huni. Tidak kalah pentingnya juga pembangunan sarana sanitasi dan pusat- pusat kegiatan masyarakat. Kesemuanya itu telah tercapai seratus persen. Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional. 
 
Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi Bangsa yang dilancarkan melalui Proxy War berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, masih eksisnya bahaya terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas secara kualitas dan kuantitas serta isu bangkitnya kembali. Komunisme gaya baru, paham radikalisme, kelompok yang anti Pancasila dan lain sebagainya yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia. 
 
Oleh karenanya TMMD ini adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah, utamanya upaya cegah dini dan deteksi dini terhadap berbagai ancaman yang melemahkan persatuan dan kesatuan NKRI. Peserta Upacara dan Hadirin yang saya hormati, Selaku Kepala Staf Angkatan Darat saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Gubernur dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilukada utamanya kepada masyarakat Nangroe Aceh Darussalam selama penyelenggaraan Pemilukada beberapa waktu lalu yang telah berjalan dengan sukses, aman dan lancar. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran politik rakyat Aceh semakin dewasa dan memahami arti dari proses demokrasi di Indonesia. 
 
Dalam proses demokrasi persaingan dan beda pendapat itu wajar, namun setelah melalui proses demokrasi yang sehat kita semua harus lapang dada menerima kenyataan atas apa yang dihasilkan, semua itu dalam rangka mewujudkan kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang sehat. Selanjutnya apabila dalam pelaksanaan TMMD ke-99 ini, terdapat tutur kata dan tingkah laku para prajurit saya yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik disengaja maupun tidak, saya selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf. 
 
Oleh karena itu ada beberapa atensi dan harapan yang perlu saya sampaikan sebagai tindak lanjut dari program TMMD ke-99 ini Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan Bangsa. 
 
Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.Keempat, kepada para Dansatgas TMMD ke-99, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Kelima, kepada para prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan. 
 
Acara dilanjutkan penyerahan bantuan alat olah raga bola kaki 30 buah penyerahan sertifikat Prona 50 kk ds Penggarit secara simbolis dan penyerahan 100 bibit pohon mangga istana dari Danrem 071/Wijaya Kusuma untuk RTM Ds.Penggarit. Selesai acara FORKOPIMDA beserta jajaran meninjau di tempat lokasi Pelaksanaan yang akan dipaparkan hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2017 oleh Danramil 02/Taman kapten Inf Mukahir.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando