KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Angkatan Darat dan Mendikbud Sepakat Bentuk Karakter Pelajar

Angkatan Darat dan Mendikbud Sepakat Bentuk Karakter Pelajar

Written By portal komando on 29 Sep 2017 | 1:57 PM


Surabaya,- Saat ini, Presiden RI, Joko Widodo menginstruksikan seluruh pihak untuk ikut berperan aktif dalam membentuk karakter pemuda, khususnya kepada pelajar di Indonesia. Bahkan, instruksi tersebut juga dicantumkan dalam Peraturan Presiden (PP) nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter.

Hal itu, dikatakan langsung oleh Direktur pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kemendikbud RI saat berada di lokasi edukasi wisata berlangsung. Jumat, 29 September 2017 pagi.

Menurutnya, kegiatan edukasi wisata yang berlangsung di lapangan Makodam V/Brawijaya saat ini, merupakan bagian dari implementasi penguatan pendidikan karakter.

“Ini juga bagian dari program nawacita yaitu revolusi mental. Revolusi mental ini kan bisa dilakukan di anak-anak di setiap pendidikan,” kata Dr. Supriono. M. Ed ketika ditemui di lokasi berlangsungnya edukasi wisata.

Selain itu, kata dia, satuan TNI, khususnya Angkatan Darat merupakan salah satu lokasi maupun instansi yang dinilai sangat tepat dalam mendidik, sekaligus menanamkan jiwa kedisplinan dan nasionalisme di dalam diri masing-masing pelajar.

“Mereka datang kesini tidak perlu dapat materi. Dengan melihat semua fasilitas yang disuguhkan oleh prajurit disini, para pelajar sudah memperoleh pelajaran yang luar biasa,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, nantinya pihak Mendikbud juga akan berencana untuk menjalin kerjasama dengan seluruh Kodim di Indonesia melalui program Babinsa masuk sekolah. “Program itu tidak termasuk di dalam kurikulum. Tapi, bagian dari kegiatan ekstrakurikuler,” bebernya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Paban Dua Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad), Kolonel Inf Yunianto menambahkan, peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, merupakan seluruh pelajar yang berprestasi di Indonesia yang tergabung dalam festival lomba seni siswa Nasional.

“Jadi, kita hanya memberikan wawasan dunia kemiliteran kepada peserta. Agar, nantinya mereka bisa memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi sebagai generasi penerus bangsa dalam mempertahankan NKRI tercinta,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Asisten Teritorial (Aster) Kasdam V/Brawijaya ini.

“Untuk kegiatan pagi hari ini, tidak ada materi yang spesifik. Mereka (pelajar) hanya kita perkenalkan dengan kegiatan-kegiatan yang biasa dilaksanakan oleh TNI-AD, khususnya di Kodam V/Brawijaya saja,” tutupnya.

Selain dipersilahkan untuk melihat senjata dan suguhan pertunjukan bela diri militer (BDM) Yong Mo Doo yang ditampilkan oleh prajurit Yonif Raider 500/Sikatan dan Yonif 516/CY, para peserta juga diberikan kesempatan untuk menaiki kendaraan tempur (ranpur) yang sudah berjejer rapi di Lapangan Makodam V/Brawijaya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando