KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu Gelar Penyuluhan Pertanian

Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu Gelar Penyuluhan Pertanian

Written By portal komando on 11 Sep 2017 | 7:33 PM

Cilacap - Bertempat di Aula Koramil 10/Gandrungmangu, Babinsa Sertu Slamet dengan inisiatif mampu menggelar acara penyusunan program penyuluhan pertanian tingkat kecamatan Gandrungmangu. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ruswanto dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Cilacap, Senin (11/09).

Dengan Koordinasi yang baik antara Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu, Sertu Slamet dengan semua unsur yang membidangi pertanian, acara ini dapat terlaksana, penyusunan programa dan rencana kerja di tahun 2018  bisa direncanakan dan tersusun secara matang, karena Babinsa sering mendapatkan masukan dari petani di Desa Binaanya dapat tersalurkan dengan baik.

Dalam sambutannya, Dispertan Kabupaten Cilacap Ruswanto menyampaikan, betapa pentingya penyusunan programa dalam upaya meningkatkan kinerja penyuluhan di sebuah wilayah. Programa dari kecamatan ini dibutuhkan sebagai dasar bagi penyusunan programa di tingkat kabupaten.

"Jika rekan-rekan penyuluh membuat programa yang baik dan terencana di kecamatan, maka simpul penyuluhan di kabupaten juga bisa dengan mudah menerjemahkannya hingga ke programa tingkat pusat.” Ujarnya.

"Penyusunan programa penyuluhan merupakan rencana strategis yang dibuat setiap tahunnya oleh penyuluh di setiap desa. Programa dari desa yang telah mempertimbangkan potensi wilayah masing-masing tersebut lalu dibawa ke penyusunan programa tingkat kecamatan. Diharapkan ada perbaikan dalam penyusunan programa tahun ini, baik dalam segi perencanaan maupun tindak lanjut." Terang Ruswanto.

Lebih lanjut, menurut Sertu Slamet, "Dalam Penyusunan program ini diharapkan bisa menyempurnakan programa-programa penyuluhan tahun sebelumnya. Saya berharap teman-teman PPL juga bekerja lebih keras lagi di lapangan, agar programa yang telah disusun memang berdampak di pertanian. Dengan tersusunnya programa kecamatan ini, kita usahakan penyuluhan berjalan lebih terarah, efektif dan efisien.
 
Selanjutnya, bersama dengan kelompok-kelompok tani yang ada, kita akan coba rembug untuk dimasukkan pada hasil musrenbang di tingkat Desa dan Kecamatan. " Ujar Sertu Slamet.

Ia berharap, penyuluhan ini dapat memberikan nilai tambah baik pengetahuan bidang pertanian bagi Babinsa. Sehingga dapat menjadi bekal untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat, untuk dapat menjadi pendorong kemajuan para petani di wilayah binaannya.
"Imbuhnya. (PendimClp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando