PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Bermanfaat Bagi Lingkungan, Satuan Radar 215 Congot Artikan Hijrah Yang Sesungguhnya.

Bermanfaat Bagi Lingkungan, Satuan Radar 215 Congot Artikan Hijrah Yang Sesungguhnya.

Written By portal komando on 21 Sep 2017 | 8:58 AM

PK,.Yogya Barat. Sesuai dengan Surat Telegram Kasau Nomor T/28/2017 tertanggal 18 September 2017 mengenai Arahan Memperingati Tahun Baru Islam 1439 H tahun 2017. Satuan Radar TNI AU 215 Congot telah melaksanakan kegiatan ini, Rabu (20/09/17) dimulai pukul 16.00 WIB, bertempat di Aula Pringodani Komplek Radar 215 Congot, Temon, Kulon Progo.

Selain Kegiatan Peringatan keagamaan tujuan dari pelaksanaan, juga sebagai kegiatan untuk meningkatkan Keimanan Para prajurit TNI AU khususnya di Satuan Radar 215 ini.

Tema dari Peringatan 1 Muharam 1439 H di Satuan Radar TNI AU 215 Congot adalah,"Melalui Hikmah Tahun Baru Islam 1439 H Kita mantapkan jati diri TNI Menuju Sikap Mental yang Lebih Baik Guna Mewujudkan Prajurit TNI AU Yang Kuat, Hebat, Profesional Dan Di Cintai Rakyat."Acara ini di ikuti oleh anggota Satrad 215 Congot, Anggota IKKT Pragati Wira Anggini anak ranting 005, Purnawirawan Masyarakat sekita Mako.

Mayor Lek Joko Dwi Maryanto ST. MM, dalam sambutanya mengaris bawahi apa arti yang tersirat dari peringatan 1 Muharam ini. Secara harfiah dapat di tarik sebuah arti, bahwa kita harus dapat mengkoreksi diri kita bagaimana amal dan perbuatan kita yang telah dilakukan."Apa sudah baik atau malah buruk. Bila sudah baik, mari kita tingkatkan lebih baik. Namun bila masih ada kekurangan marilah kita perbaiki untuk masa yang akan datang" jelas Komandan Satradar 215 Congot.

Menyitir sebuah ayat kedelapan pada suray Al Hasyim yang artinya" Wahai org yg beriman, bertaqwalah kepada ALLAH dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yang sudah dilakukan dan hendaklah setiap jiwa memperhatiakan yang akan dilakukan untuk hari esok." Ayat tersebut meberikan pengertian bahwa kita wajib tunduk pada sang pencipta dan mengkoreksi diri kita masing masing atas segala perbuatan yang telah dilakukan. Dan mempersiapkan hari esok yang lebih baik.

Berhijriah atau berhijarah yaitu berusaha memperbaiki dan meningkatkan kwalitas diri (Hijrah Qolbiyah). Berusaha agar masa depan kita lebih dari pada hari ini, masa depan kita harus lebih baik dari masa lalu kita.Sekaligus momet peringatan hijriah ini sebagai promotor atau pendorong dari kemaksiatan menuju kebaikan,dari kemiskinan menuju kecukupan,dari kebodohan menuju keilmuan atau kepandaian.dari kemusrikan menuju ketauhitan

Sedangkan Penceramah KH Mohammad Lutfhi Rofiudin S.Ag. dari Pondok Pesantren di Karang Wuluh Temon. Memberikan Tausiah nya tentang sejarah dimulai nya hitungan tahun menurut Islam.

Selain itu momentum peringatan 1 Muharam 1439 H ini, Keberadaan Satrad 215 ini telah mengimplementasi arti Hijrah itu sendiri, yaitu bermanfaat nya kehidupan bagi orang banyak atau lingkungan." Atas nama warga Kecamatan Temon, Saya yakin kalau tidak dibantu mediasi oleh Keluarga Besar Satrad 215, dalam bersitegangnya persoalan lokasi wisata Mangrove antara Kulon Progo dan Purworejo, masih agak lama terciptanya kondisi yang kondusif, dan menjadi PR Sosial, dan itu kunci bagaimana TNI dapat di cintai rakyat. Semua yang telah tertuang dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Poin ke delapan dalam wajib TNI itu yang sudah diperankan oleh Satrad 215 ini." Jelas KH Muhammad Lutfhi Rofiudin.

Dalam uraian selanjutnya, banyak menjelaskan arti dari Hijrah itu sendiri.Jangan berbuat dzolim, dzolim disini bisa diartikan luas. Seperti ketidak pedulian pada lingkungan. Berkaitan dengan hal itu, tinggal bagaiman kita menempatkan posisi kita, apakah bisa bermanfaat bagi lingkungan. Masing masing punya peran sendiri. Banyak potensi yang bisa di berikan pada lingkup kita.

"Keberadaan Satuan Radar 215 ini, telah menujukan poin ke delapan, dalam 8 Wajib TNI, dan ini sesuai dengan arti Hijrah itu sendiri. Semoga semakin membuat banyak manfaat bagi lingkungan, dan ini kunci agar tetap dicintai rakyat. Keberadaanya ada dan bisa bermanfaat bagi lingkungan" tutup KH Muhammad Lufhi Rofiudin. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando