KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » CARAT 2017 Mengajak Prajurit Pahami Maritime Domain Awareness

CARAT 2017 Mengajak Prajurit Pahami Maritime Domain Awareness

Written By portal komando on 8 Sep 2017 | 9:21 AM

 
PK,.Surabaya, 07 September 2017,. Setelah pembukaan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Tahun 2017, Mayor Laut (P) Erwin Herdianto selaku koordinator MDA Symposium mengadakan pembekalan tentang Maritime Domain Awareness (MDA) yang disampaikan oleh U.S. Navy Lt. Dave Andre dan Mr. Blake Herzinger dari U.S. Pasific Fleet, berlangsung di Auditorium Puslatkaprang, Kolatarmatim, Ujung Surabaya. Kamis, (07/09/2017).

Sebagai negara kepulauan yang luas perairannya jauh lebih besar dari daratan, merupakan keharusan bagi Indonesia untuk membangun Maritime Domain Awareness yang didefinsikan sebagai pengetahuan tentang apa yang tengah berlangsung di laut dalam suatu kawasan perairan yang dapat berdampak terhadap keamanan, ekonomi dan lain sebagainya.

Lt Dave Andre juga mengatakan, Tantangan dalam MDA yang harus diperhatikan adalah upaya dalam mengantisipasi Ancaman global yang tidak ada negara yang bisa melakukannya sendiri. Domain maritim : "Semua area dan hal-hal berhubungan dengan perbatasan di laut, termasuk semua yang terkait kegiatan infrastruktur, kargo, kapal dan alat angkut lainnya." MDA adalah komponen kunci dari pertahanan maritim aktif yang memerlukan upaya terkoordinasi melintasi tingkat strategis, operasional dan taktis, serta teknis.

Lanjutnya, Kira-kira 80 persen perdagangan global berdasarkan volume dan 70 persen dengan nilai diangkut melalui laut (PBB Konferensi Perdagangan dan Pembangunan) 60 persen perdagangan maritim melewati Asia, dengan Laut Cina Selatan membawa dengan perkiraan pengiriman global 3,37 triliun USD per tahun. Selanjutnya, penangkapan ikan secara besar-besaran dan illegal dapat mengambil lebih banyak ikan dari lautan daripada bisa diganti dengan yang tersisa. 
 
Akibatnya: 53% perikanan dunia dieksploitasi sepenuhnya, mdan 32% dieksploitasi secara berlebihan, habis, sehingga sebagian besar dari sepuluh besar perikanan laut, terhitung sekitar 30% dari seluruh produksi perikanan sepenuhnya dieksploitasi atau terlalu banyak dieksploitasi. Beberapa populasi ikan menurun ke titik di mana kelangsungan hidup mereka terancam.Selanjutnya, Mr. Blake Herzinger membahas tentang Concepts of Intelligence and Analisis, tujuan pelatihan menjelaskan dengan konsep dasar kecerdasan sebagai perwira intelijen diharapkan bisa melaksanakan tugas yang berprinsip mendorong suatu aksi atau tindakan. Adapun produk yang dihasilkan yaitu pengumpulan, evaluasi, analisis, integrasi dan interpretasi dari semua informasi yang ada.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando