PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Dandim 0824 Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Mahasiswa Baru Politehnik Negeri Jember.

Dandim 0824 Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Mahasiswa Baru Politehnik Negeri Jember.

Written By portal komando on 5 Sep 2017 | 8:27 AM



Jember. Pada Senin 04/09/2017 Pukul 13.30 Wib bertempat di lapangan hijau Secaba Rindam V/Brawijaya Jl Tidar Jember dilaksanakan orientasi mahasiswa baru Polotehnik Negeri Jember atau yang dikenal dengan (Polije), orientasi tersebut diikuti oleh 1000 mahasiswa dan mahasiswi baru.

Orientasi tersebut setiap tahun memang selalu diadakan oleh Politehnik Negeri Jember dan bekerjasama dengan Sekolah Calon Bintara Rindam V/Brw yang bermarkas di Jl Tidar Jember tersebut, berbagai materi yabg diberikan diantaranya Pembinaan Baris Berbaris (PBB), Outbond dan materi ruangan berupa Bela Negara, Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Giliran Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto yang memberikan materi wawasan kebangsaan pada Senin 04/09/2107 pukul 13.30 Wib kepada sekitar 500 Mahasiswa karena yang 500 mahasiswa lainnya sedang diberikan materi lapangan, pada kesempatan tersebut Letkol Inf Rudianto memberikan pancingan gambar-gambar tokoh kartun naruto yang sangat dikenal dengan baik oleh seluruh peserta dari kalangan mahasiswa baru tersebut dan sebaliknya saat di tayangkan gambar pahlawan nasional mereka sangat kurang mengenal.

Momentum tersebutlah yang dijadikan pancingan oleh Letkol Inf Rudianto untuk mengajak adik-adik akan pentingnya lebih mengenal para pahwalan nasional, karena dari merekalah kita dapat mengirup udara kemerdekaan seperti sekarang ini, karena dari perjuangan belaiulah kita bisa hidup seperti sekarang ini, sehingga betapa berdosanya kalau kita melupakannya.

Lebih Lanjut Letkol Inf Rudianto juga mengupas 4 Pilar Kebangsaan diantaranya Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 hingga bagaimana sistem keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari kepualauan ini, hal ini tidak mudah karena berbagai sisi wilayah Negara kita dapat dengan mudah dimasuki oleh bangsa lain, namun sistem yang paling cocok dan terbukti ampuh adalah Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) dimana TNI dan Polri sebagai kompartemen utama dan masyarakat termasuk adik-adik sebagai kompartemen pendukungnya.

Dandi salah satu mahasiswa senior yang menjadi pendamping pada kegiatan tersebut saat ditanyakan manfaat dari kegiatan tersebut menyatakan bahwa banyak sekali manfaatnya yaitu menambah wawasan kebangsaan kita, meningkatkan jiwa bela negara serta membentuk karakter generasi yang disiplin dan mencintai tanah airnya.

Lain halnya Meilda Mahasiswi dari Program Studi Gizi Klinik Politehnik Jember yang dalam wawancaranya menyatakan senang sekali terhadap materi-materi yang diberikan dan tentunya sangat bermanfaat bagi generasi penerus seperti kami-kami ini dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. (SIS24)

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando